Perpustakaan Labschool Unsyiah

Mei 2007 menjadi saksi akan berdirinya Margaret Sullivan Library, sebuah pustaka yang bertempat di pekarangan SMA Laboratorium Unsyiah. Adalah Mrs. Margaret Sullivan, seorang donatur berkebangsaan Amerika Serikat, yang telah memperjuangkan berdirinya pustaka ini. Beliau meyakini, budaya membaca adalah jendela dunia, sehingga perpusatakaan ini sengaja dibangun lebih besar dibandingkan ruangan lainnya.

Buku-buku yang tersedia, kebanyakan berasal dari sumbangan berbagai instansi dan perseorangan, yaitu :

  • Diknas
  • Sampoerna Foundation
  • Yayasan SMA Laboratorium Unsyiah
  • US Ambassador
  • LSM
  • siswa-siswi

Sedangkan member dari perpustakaan sendiri terdiri dari siswa Labschool, guru, para staf, selain itu ada juga member dari SMPN 8, SMAN 5 dan umum (biasanya mahasiswa). Jadi dapat dikatakan begitu banyak manfaat yang dapat dipetik atas kehadiran perpustakaan SMA Labschool ini.

Apabila kita berkunjung ke pustaka ini, maka kita akan disuguhkan dengan suasana yang begitu nyaman, teduh dan sejuk. Sehingga menciptakan nuansa membaca yang optimal. Di ruangan depan terdapat juga terdapat mesin fotokopi dan printer yang amat sangat dibutuhkan oleh para siswa. Sedangkan di ruangan tengah, merupakan sebuah area membaca yang cukup luas dan terdapat meja serta kursi yang sangat nyaman apabila digunakan untuk membaca. Selain itu terdapat pula ruang multimedia yang didalamnya terdapat Televisi dan DVD Player, alat-alat ini dibutuhkan untuk menonton tayangan-tayangan yang bersifat edukasi dan menarik.

Dan pada bagian ujung ruangan, terdapat rak-rak yang berisi majalah serta koran-koran berbahasa asing. Menurut penuturan Ibu Pegawai Pustaka, koran-koran ini merupakan sumbangan dari para donatur demi peningkatan mutu belajar-mengajar di SMA kita tercinta ini. Pernah pula direncanakan koran-koran ini akan dijadikan kliping sebagai pengarsipan.

Demikianlah liputan singkat mengenai Perpustakaan Labschool Unsyiah. Bagi para pembaca, jika berada di area Labschool jangan lupa untuk berkunjung. Karena didalamnya terdapat beragam buku yang berisi ilmu pengetahuan yang dapat dipinjam. Pengunjung juga tidak perlu khawatir, karena pustaka Labschool ini juga dilengkapi dengan sistem pengamanan yang canggih. Hanya di Margaret Sullivan Library, Labschool Unsyiah.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *