Ujian akhir siswa pelajaran PKW dengan berwirausaha melalui Wisata kuliner SMA Laboratorium Unsyiah.

Ujian praktek pelajaran PKW bagi kelas XII sebanyak 149 siswa yang diadakan oleh tim guru PKW yaitu Iza Maulina S.P.d dan Rosnidar S.Pd dijadikan momen Wisata kuliner oleh SMA Laboratorium Unsyiah pada Sabtu 22 Februari 2020 pukul 10.00- 12.00

photo_2020-02-23_17-53-51

Siswa secara berkelompok menyajikan hidangan makanan khas Nusantara untuk dijual kepada konsumen. Target penjualan awalnya hanya dalam komunitas sekolah, namun acara kemudian diperluas dengan turut mengundang warga sekitar untuk membeli jajanan yang telah dikemas menarik oleh siswa.
Makanan yang disajikan mulai dari mpek- mpek Palembang, mie Aceh, sate, siomay , kuah Beulangong, mie caluk da sebagainya ini dijual seharga Rp 15.000 s.d 20.000 sepaket dengan minuman segar. Tentu ini harga yang terjangkau untuk kualitas makanan yang lezat dan porsi mengenyangkan.

photo_2020-02-23_17-54-01

Kegiatan ini diupayakan untuk melatih siswa terjun langsung bagaimana cara berwirausaha, sehingga siswa dapat belajar banyak hal melalui kegiatan ini, mulai perencanaan anggaran, study literatur untuk mencari makanan yang banyak disukai konsumen ,teknik / strategi penjualan untuk dikemas dan sampai ke tangan konsumen yang akhirnya menghitung laba merupakan hal penting yang ingin diajarkan untuk menjadi pengalaman belajar sepanjang hayat. Bukan tidak mungkin siswa yang lulus yang menempuh pendidikan di Universitas namun tetap dapat berbisnis makanan yang menguntungkan.
Kegiatan dilaksanakan di waktu ekstrakurikuler ini diharapkan tidak menggangu jam tatap muka harian, oleh karenanya semua dapat berpartisipasi baik guru/ staf dan siswa.

photo_2020-02-23_17-53-27

Kepala sekolah Dr. Nasir Usman, M.Pd sangat menyetujui kegiatan ini, kepala sekolah berharap siswa dapat belajar banyak hal tidak hanya didalam kelas dalam bentuk teori namun juga bentuk kegiatan praktek yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *