Kemenhub Dirjen Perhubungan Darat Melakukan Sosialisasi Edukasi Keselamatan Berkendara di SMA Laboratorium Unsyiah

SMA laboratorium Unsyiah terpilih sebagai tempat Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Berkendara, oleh Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan Direktorat Sarana Transportasi Jalan dengan tema Utamakan Keselamatan dan Wujudkan Masa Depan, Kamis 31 Agustus 2023. Sebanyak 150 siswa mengikuti kegiatan dengan semangat di aula sekolah. kegiatan ini adalah wujud implementasi program kegiatan off air keselamatan transportasi darat oleh Kemenhub RI.

Kegiatan ini dihadiri lansung oleh Direktur Transportasi Jalan Dirjen Perhubungan Darat, bapak
Ir. Danto Restyawan , M.T, Kepala Dinas Perhubungan Aceh bapak T. Faisal S.T, M.T., Ditlantas Polda Aceh yang diwakili oleh Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Aceh bapak M.Nuzir, S.Sos., M.Si., Jasaraharja dan Dinas Pendidikan Aceh. Kedatangan tamu undangan acara disambut hangat oleh Kepala SMA Laboratorium Unsyiah Dr. Rini Safitri., M.Si dan Wakasek Bapak Hendra Darmawan,S.Si.

Acara dibuka oleh Direktur Transportasi Jalan, Ir. Danto Restyawan, M.T., dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Beliau merasa bangga dan kaget dengan sambutan luar biasa, termasuk tarian tradisional seperti “Ranub Lampuan” dan “Ratoh jaroe” persembahan siswa SMA Laboratorium Unsyiah. Beliau mengapresiasi kekompakan tim tari siswa, baik tempo dan kecepatan tarian. Kesan yang sama beliau rasakan saat menghadiri pembukaan Asean Games.

Data kecelakaan tahun 2021 dan 2022 disampaikan, dengan jumlah kecelakaan meningkat dari 134.000 ke 174.000 di Indonesia. Kecelakaan ini menjadi perhatian serius, terutama karena 79 persennya melibatkan pengguna sepeda motor, mayoritas di antaranya adalah remaja. Padahal, remaja sering kali dianggap sebagai harapan dan tulang punggung keluarga.

Pilihan untuk mengunjungi SMA Laboratorium Unsyiah sebagai bagian dari program keselamatan berkendara juga menunjukkan bahwa sekolah ini dianggap memiliki kontribusi yang positif dalam upaya mempromosikan keselamatan di jalan raya di Aceh.

Konteks keselamatan berkendara, ada pesan penting disampaikan: pengguna jalan harus memakai helm, memeriksa kondisi kendaraan, dan memiliki pemahaman yang baik tentang cara berkendara yang aman. Fenomena kecelakaan juga terkait dengan penggunaan sepeda listrik. Oleh karena itu, disarankan bahwa sepeda listrik sebaiknya hanya digunakan di lingkungan tertentu, bukan di jalan raya.

Kepala Sekolah (Kepsek) Dr. Rini Safitri, M.Si, mengungkapkan perasaan kebanggaan atas kehadiran Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Aceh yang memilih SMA Laboratorium Unsyiah sebagai sekolah di Aceh yang dikunjungi dalam program keselamatan berkendara. SMA Laboratorium Unsyiah juga merasa dekat dengan Kementerian Perhubungan Darat, terutama karena selama dua tahun berturut-turut sekolah ini berhasil mengirimkan siswa-siswa mereka untuk berpartisipasi dalam ajang pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LAJJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) tingkat Nasional. Hal ini menunjukkan komitmen dan prestasi sekolah tidak hanya mengedukasi dan meningkatkan kesadaran akan keselamatan berkendara namun juga menjadi Influencer keselamatan berkendara dikalangan siswa.

Beberapa eberapa poin yang disampaikan terkait keselamatan berkendara dan tujuan dari acara tersebut:

  1. Fokus pada Keselamatan: Acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mendidik siswa tentang pentingnya keselamatan berkendara, dengan tema “Utamakan Keselamatan dan Wujudkan Masa Depan”. Hal ini ditekankan sebagai langkah untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang sering kali memiliki fatalitas tinggi.
  2. Edukasi Keselamatan Berkendara: Di acara ini, disampaikan pentingnya menggunakan helm, memeriksa kendaraan sebelum perjalanan, serta memahami aturan berkendara yang aman. Selain itu, ditekankan bahwa sepeda listrik sebaiknya digunakan di lingkungan, bukan di jalan raya.
  3. Budaya Keselamatan: Pesan yang diusung dalam acara ini adalah untuk menciptakan budaya tertib dan aman dalam berkendara. Ada penekanan pada pentingnya menjaga keselamatan diri dan menyayangi nyawa.
  4. Membangun Kesadaran: Kasubdit promosi dan kemitraan keselamatan, Iwan Budiyono, berharap bahwa melalui acara ini, kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara dapat tumbuh dan menular kepada orang lain.

Dengan menghadirkan berbagai tokoh penting dan menyampaikan pesan-pesan penting seputar keselamatan berkendara, acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa secara umum tentang bagaimana menjaga keselamatan di jalan raya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *