Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Aceh, dalam Sawee sikula Hadir Ke SMA Laboratorium Unsyiah |

Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Aceh, dalam Sawee sikula Hadir Ke SMA Laboratorium Unsyiah

Bapak Kompol Akmal, SE., MM. bersama tim Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Aceh hadir dalam program sawee sikula upacara Senin,13 Februari 2023 di SMA Laboratorium Unsyiah. Kehadiran tim rombongan disambut langsung oleh kepala sekolah Dr.Nasir Usman, M.Pd bersama warga sekolah.

Agenda ini menurut bapak Kompol Akmal, SE., MM. adalah program rutin saweu sikula membangun keterikatan antara warga terutama siswa penerus generasi bangsa. Sebagai pembina upacara, bapak akmal menjelaska tugas dan fungsi Detasemen Gegana Satuan Brimobmenurut Pasukan pemungkas menangani penjinakan bom, kemampuan nuklir, dan lainnya. Hadir kesekolah dalam upaya memiliki punya tanggung jawab terhadap kesuksesan siswa. Generasi yang harus diselamatkan di Era digital 4.0 semua terakses dari internet penggunaan hp dalam segala hal. Membentuk prilaku positif perlu kerjasama dari berbagai pihak. Pendampingan masa remaja yang masih mencari jati diri untuk mencapai kesuksesan, masa remaja sekarang mengalami pengaruh global baik positif dan negatif. Kenakalan remaja timbul dari pengaruh internal dan eksternal seperti keluarga, lingkungan, sekolah media. Kemudahan mengakses internet, kehawatiran masuknya budaya global yang dampak negatif merambah kejadian kenakalan remaja tingkat ringan dan sedang.


Sebagai pembina upacara bapak kompol Akmal., SE. MM. membawa judul “Pornografi dan narkoba merusak otak secara Permanen”.

Menurut Pakar psikologi ada 4 hormon yang mempengaruhi otak manusia: Dopamim, endorfin, oksitosin, dan serotonin.

1. Dopamin

Dopamin adalah senyawa kimia (neurotransmitter) yang dikaitkan dengan perasaan senang dan puas.Hormon dopamin berperan besar untuk mendukung kemampuan unik manusia dalam berpikir, belajar, merencanakan, dan mengekskusi suatu hal. Dopamin membantu kita termotivasi untuk bekerja keras, fokus, belajar, dan merasakan ketertarikan pada hal-hal yang dianggap menyenangkan.

2. Endorfin

Hormon endorfin adalah senyawa kimia (neurotransmitter) yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari sebagai respons untuk meredakan nyeri atau stres. Dengan kata lain, endorfin merupakan pereda nyeri alami.

Endorfin bekerja pada reseptor opiat di otak kita untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesenangan, sehingga menghasilkan perasaan tenang dan tentram. Ini akan membantu kita untuk terus berfungsi meskipun sedang mengalami cedera atau stres.

3. Oksitosin

Oksitosin adalah salah satu hormon kebahagiaan

Ini karena oksitosin berfungsi memengaruhi tingkah laku dan interaksi manusia yang berhubungan dengan perasaan cinta serta kasih sayang hingga keakraban sesama makhluk hidup.

4. Serotonin

Melansir Hormone Health Network, serotonin adalah hormon kunci untuk menciptakan kebahagiaan dan perasaan sejahtera sekaligus menstabilkan mood. Maka ketika hormon serotonin dalam kadar normal, Anda akan merasa lebih bahagia, lebih tenang, lebih fokus, tidak gampang cemas, dan menjadi lebih stabil secara emosional.

Dikutip dari https://www.sehatq.com/artikel/hormon-kebahagiaan-di-tubuh-yang-pengaruhi-mood


Kebiasaan terus menerus dilakukan diarahkan kearah yang jelek maka akan jelek juga. Otak ingin tahu terus menerus mencoba hal baru, awalnya mencoba merokok, lalu keminuman keras dan lainnya. Untuk menghindari hal tersebut anak-anak harus membiasakan mengisi kegiatan positif, mendekatkan diri kepada Allah SWT beribadah tambahan Tahajud dan Dhuha , belajar, tidak menyia-nyiakan waktu. Ikatan lahir batin yang salah akan mengarahyang negatif, tidak melihat konten negatif.
Ciri-ciri prilaku lainnya yaitu, mudah tersinggung, suka mengurung diri ,hp tidak lepas dari keseharian.

Semoga generasi penerus bangsa bisa berdiri lebih dari kami dambaan orang tua.

Kehadiran bapak Kompol Akmal, SE., MM. bersama tim Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Aceh hadir dalam program sawee sikula upacara Senin,13 Februari 2023 di SMA Laboratorium Unsyiah sangat memberi inspirasi bagi siswa, profesi yang sangat mebanggakan, ketegasan, kedisiplinan sangat memberi pengaruh bagi siswa meraih masa depan, semoga Allah SWT meridhoi, Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *