SMA LABORATORIUM UNSYIAH MENGIKUTI PELATIHAN ISO 21001 – SMOP (SISTEM MANAJEMEN ORGANISASI PENDIDIKAN)

SMA Laboratorium Unsyiah kembali melaksanakan Inhouse Training dengan tema The Awareness and Interpretation of Education Organization Management System atau ISO 21001:2018. Kegiatan ini merupakan wujud dari upaya peningkatan SDM yang diinisiasi oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di  SMA Laboratorium Unsyiah. Kegiatan inhouse training ini bekerjasama dengan lembaga dqs Indonesia yang merupakan lembaga resmi akreditasi yang berada di Jakarta.  M. Hatta Adam, trainer yang mengisi  kegiatan ini menyampaikan bahwa setiap lembaga yang diaudit di setiap Negara akan dikirimkan langsung ke pusat dan penerbitan sertifikat langsung dari Jerman.

ISO 21001: 2018 merupakan standar sistem manajemen pertama di tingkat internasional yang diperuntukkan secara spesifik bagi sektor pendidikan.” SMOP (Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan) merupakan standar sistem manajemen dalam melakukan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan suatu organisasi yang dirilis tahun 2018. SMOP juga memiliki pendekatan berbasis process dan pendekatan berbasis resiko dalam implementasinya. Perbedaan dengan edisi sebelumnya ISO 9001 – SMM.

Kegiatan inhouse training ini diikuti oleh 25 anggota yang  terdiri dari guru dan staf SMA Laboratorium Unsyiah dan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 13-14 Mei 2024. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala SMA Laboratorium Unsyiah, Dr. Rini Safitri, M.Si. Dalam kata sambutannya, Kepala Sekolah menginginkan di tahun 2024 ini SMA Laboratorium sudah menerapkan akreditasi ISO khusus untuk pendidikan, yaitu ISO 21001:2018 yang sebelumnya SMA Laboratorium Unsyiah sudah melaksanakan akreditasi ISO secara rutin selama 12 tahun, yaitu ISO 9001 yang merupakan ISO sistem manajemen. Harapannya, dengan meng-upgrade akreditasi ISO menjadi lebih khusus untuk pendidikan akan meningkatkan mutu SMA Laboratorium Unsyiah menjadi lebih baik. Acara yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri.  

Pembukaan oleh Kepala Sekolah Dr. Rini Safitri.,M.Si

Tujuan dari pelatihan ini untuk Memahami persyaratan-persyaratan dan implementasi Sistem Manajemen pada Organisasi/Lembaga/Satuan Pendidikan berdasarkan SNI ISO 21001:2018 kemudian juga Menerapkan SMOP SNI ISO 21001:2018 yang terintegrasi dengan SPMI satuan Pendidikan.

Reporter: Mahran Padlul Huda.,M.Pd

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *