SMA Laboratorium Unsyiah menggelar Kegiatan Dinul Islam Gema Ramadhan 1444 H

SMA Laboratorium Unsyiah menggelar Kegiatan Dinul Islam Gema Ramadhan 1444 H. Salah satu bentuk kegiatan rutin tahunan SMA dalam meningkatkan nilai-nilai religi dan keimanan warga sekolah dengan kegiatan positif selama beribadah di bulan Ramadan, 27 Maret s.d 1 April 2023.  Seluruh warga sekolah terlibat mulai guru dan staf, dan siswa hadir dalam pembukaan Gema Ramadhan di musalla sekolah, senin 27 Maret 2023 pagi hari tadi.

Acara dibuka oleh kepala sekolah Dr. Nasir Usman., M.Pd, beliau mengucapkan syukur dan terima kasih kepada semua elemen yang telah membantu kegiatan, kreativitas ide, tim panitia yang telah merancang kegiatan untuk menghadirkan kegiatan Dinul Islam. Harapan mendapatkan partisipasi dari semua siswa dukungan semua guru dan staf. Melalui kegiatan Gema Ramadhan siswa dapat menggali ilmu sedalam mungkin meningkatkan nilai kebaikan. Sebagai contoh yang paling mendasar kata Pak Nasir timbul rasa menghargai dan hormat kepada orang tua dari siswa, yang selalu memberikan pengorbanan dalam membesarkan anak, dan rasa penghargaan kepada guru dalam mendidik dan mengajar siswa. Tidak mudah merangcang kegiatan dengan banyaknya aktivitas menarik namun sangat positif, apalagi berhasil menghubungi penceramah kondang dapat hadir dalam kegiatan  sekolah dalam jadwal padat dibulan suci Ramadhan, oleh karenanya kepsek sangat mengapresiasi kerja keras tim panitia Gema Ramadhan.

Ketua panitia Panitia Ustaz Rizki Maulana, M.Pd guru Mulok Pendidikan Akidah Akhlak sekaligus Pembina Rohis SMA Laboratorium Unsyiah dibantu  bapak Rahmat Nazli  sebagai Pembina OSIS membentuk panitia gema Ramadhan. Panitia berhasil merancang jadwal dan pelaksanaan kegiatan dengan begitu padat dengan harapan dapat mengisi kegiatan siswa selama bersekolah di bulan suci Ramadhan dengan hal positif  dan bermanfaat.  Kegiatan yang sudah dijadwalkan seperti kajian islami, tahsin Al Quran dan mentoring, kegiatan bersedekah, evaluasi kegiatan Mutabaah Yaumiyyah Ramadhan (evaluasi kegiatan ibadah harian siswa), kegiatan out door  ngaji on street ( Ngaos) menuju Masjid Raya Baiturrahman, kajian Islami , dan sesi ceramah dari Ustaz Umar Ismail, S.Ag. InsyaAllah hadir dalam acara penutupan Gema Ramadhan.

Kata sambutan ketua panitia Ustaz Rizki Maulana menyampaikan harapan dari seluruh warga sekolah dapat memberikan keikhlasan dalam keikutsertaaan dalam mendukung kegiatan gema Ramadhan. Fokus kepada siswa sebagai peserta gema Ramadan mendukung kegiatan, sebagai salah satu upaya menambah pengalaman keagamaan mewujudkan peningkatan akhlak yang lebih baik. Momentum memperbaiki diri, dengan ibadah dan aktivitas bermanfaat. Hal ini dapat berikhtibar dari hadist Nabi Muhammad SAW banyak yang berpuasa namun yang berpuasa hanya mendapatkan haus dan lapar karena belum meninggalkan berkata-kata tidak bermanfaat, akibatnya ibadah puasanya tidak diterima Allah SWT, sungguh sangat disayangkan. Kegiatan ini akan berlangsung selama 1 minggu namun padat karena minggu kedua kan diisi dengan kegiatan remedial bagi siswa yang masih belum tuntas. Kegiatan ini juga menyambut arahan Dinas Pendidikan Aceh yang mengharapakan sekolah menyelenggarakan kegiatan Dinul Islam bagi siswa selama bulan Ramadhan. Semoga kegiatan ini dapat selalu diberikan berkah oleh Allah, SWT. Amin.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *