Saweu RRI edisi ke 2 ( Mengenal Generasi Strawberry )oleh Rizka Masfurah, S.Pd.,Gr.

Alhamdulillah kegiatan “Belajar Kelas Tambahan“ di RRI edisi ke 2 dapat kembali diadakan, kali ini giliran Ibu Rizka Masfurah, S.Pd., Gr berkesempatan untuk mengisi acara tersebut Selasa (21 Februari 2023). Pada kesempatan ini, Ibu Rizka yang merupakan guru bimbingan konseling SMA Laboratorium Unsyiah memaparkan materi tentang “Mengenal Generasi Strawberry”.Sasaran pembahasan materi tersebut ditujukan kepada tiga golongan yaitu kalangan muda, orang tua dan guru.
Generasi strawberry ditujukan untuk menggambarkan generasi muda yang mudah rapuh dan tidak tahan tekanan. Istilah generasi strawberry ini viral di Indonesia mulai tahun 2018 oleh Prof. Rhenald Kasali dan identik dengan anak-anak muda Indonesia yang lahir di atas tahun 2000-an


Karakteristik generasi strawberry secara positif antara lain:
Menyukai tantangan
Berani menyampaikan pendapat
Bekerja tidak melulu karena uang
Mudah beradaptasi
Namun selain karakteristik positif dari generasi strawberry, ada pula karakteristik secara negatifnya yaitu:
Terjebak dalam zona nyaman
Tidak memiliki rasa tanggung jawab
Mudah menyerah
Memiliki harapan yang tidak realistis


Bu Rizka juga menyampaikan peran guru dan pendidik lain dalam mengenali dan mengatasi kebutuhan siswa yang dapat dilakukan adalah:
Mendengar dan menilai
Memberikan perhatian individual
Menawarkan dukungan
Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung
Berkolaborasi dengan orang tua dan professional
Menggunakan strategi pembelajaran terpadu

Di akhir pemaparannya, Bu Rizka menghimbau kepada seluruh khalayak untuk saling bahu membahu untuk menciptakan peradaban yang lebih baik tanpa memandang dia berasal dari generasi mana, terus berusaha memberikan bimbingan kepada generasi muda dan doa terbaik tentunya.

pembahasan lengkapnya dapat ditonton di link berikut ini:

https://www.youtube.com/live/9HWZg5B3Oj0?feature=share

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *