Penarikan Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Unsyiah di SMA Laboratorium Unsyiah

Sebanyak 11 guru PPG Prajabatan Gelombang 1, yang telah melaksanakan PPL di SMA Laboratorium Unsyiah selama lebih kurang 3 bulan. Diserahkan kembali oleh kepala sekolah SMA Laboratorium Unsyiah kepada FKIP penyelenggara PPG prajabatan gelombang 1 Sabtu 14 Januari 2023 di perpustakaan sekolah. Pertemuan ini dihadiri oleh kepala sekolah guru pamong dosen pamong, dan seluruh guru PPG yang terdiri dari 5 orang guru mapel biologi 2 orang sejarah 2 orang bahasa Inggris , dan 2 guru ekonomi. Selama mengikuti program praktik lapangan banyak pengalaman yang dirasakan oleh guru PPG seperti mengelola kelas mengikuti kegiatan pembimbingan dan berdiskusi dengan guru pamong serta dievaluasi bersama oleh guru pamong dan dosen pamong pembimbing.

Dr.Nasir Usman.M.Pd. memberikan banyak bimbingan selama masa penjemputan, dalam kata sambutan beliau mengarahkan kepada guru PPG untuk menjadi guru ideal, bagaimana pembelajaran efektif banyak hal yang harus dipersiapkan dan dikerjakan.
Pengalaman profesi mumpuni bila digeluti dengan sungguh-sungguh. Tidak sedekar beban tugas, harus diupayakan menjadi bekal dan memiliki nilai manfaat.
Pada intinya kegiatan pengalaman dalam kegiatan PPL sesi ke 2 ini harus dijalankan dengan sungguh-sungguh. Semakin agresif dalam Berkolaborasi dalam kegiatan” on dan in” ada dikampus ada disekolah. Saat di sekolah meningkatkan strategi Teaching learning, mengikuti dan memahami budaya sekolah, dan melaksanakan penilaian. Kepala sekolah mengharapkan pengalaman praktik lapangan ini bukan hanya sekedar tuntutan
Instrumen laporan dari program PPG.
Penggelutan ilmu bukan hanya diterima dari dosen dan guru pamong namun membangun budaya positif dari diri sendiri untuk terus meningkatkan kemampuan diri. Antusias motivasi pribadi guru untuk terus belajar meningkatkan kompetensi diri.
Pembelajaran yang diterima di fakultas secara konseptual harus mampu diterapkan disekolah, memahami medan tempur yaitu siswa yang memiliki karakteristik belajar yang berbeda dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Intinya dari diri sendiri bagaimana menjadi guru yang profesional memiliki kompetensi wajib guru, guna menjadi guru ideal. Pemerintah memperkuat rekrutmen guru salah satu dari PPG. Maka sudah sepatutnya SMA Labschool menjadi salah satu sekolah yang sangat mendukung kegiatan tersebut.
Selama berada di SMA Lboratorium Unsyiah guru PPG telah melaksanakan kolaborasi dengan guru pamong dan dosen pamong telah menunjukka kerjasama dengan baik,sehingga ketercapaian kegiatan dapat terlaksana dengan baik.


Kata sambutan dari dosen, bapak Iswandi, S.Pd. ,M.Si kegiatan PPL selama PPG sangat berbeda dengan kegiatan PPL S1. Contohnya selama prkuliahan S1 tidak boleh mengambil mata kuliah selama PPL, lain halnya dengan PPG yang melaksanakan kegiatan belajar di fakultas namun juga melaksanakan kegiatan PPL di sekolah. Fokus belajar dan pembelajaran tentu harus diupayakan maksimal. Apabila dari diri masing2 , sudah punya motivasi yang besar dan ditambah dari dukungan dari guru pamong apalagi di SMA Labschool tentu kondisi ideal yang diharapkan dapat dimunculkan. Sumber daya yang ada di Labschool baik dari siswa dan guru sangat menjadi andalan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.Sesuatu hal luar biasa dapat melaksanakan kegiatan PPL di SMA Laboratorium Unsyiah. Bapak Iswadi menambahkan agar dapat memilih lagi sesi kedua PPL di SMA Laboratorium Unsyiah untuk dapat melanjutkan rencana dan perbaikan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Kegiatan ” plan do and see” harus dapat tercapai dengan baik. Apa yang akan dilaksanakan harus benar-benar clear,

Bapak Iswadi yakin Labschool sudah memberikan kontribusi yang luar biasa mendukung pelaksanaan PPL, beliau mengucapkan terima kasih banyak atas banyak bantuan dan usaha yang telah dilakukan. Mudahan kerjasama ini terus berlanjut.
Dr.Nasir Usman, M.Pd bersukur selama 3 bulan proses pembinaan dan pembimbing guru profesional dapat diserahkan kembali ke FKIP. Sabtu 14 Jan 2023 sebanyak 11 orang keadaan sehat dan senyum kami serahkan ke fakultas dalam keadaaan sehat .

Bapak Iswandi,S.Pd.,M.Si, menerima kembali mahasiswa PPG prajabatan gelombang 1 dalan keadaan sehat walalfiat.

Rasa bangga dirasakan guru PPG diwakili oleh ketua PPG prajab gelombang 1 terhadap labschool selama 3 bulan ini, mulai dari guru dan dosen pamong, siswabyamg luar biasa semangat dan rekan PPG seperjuangan. Banyak hal pengalaman yang telah didapat yang dirasakan dapat untuk menjadi guru profesional.

Reporter: Fera Andayeti., S.Pd. Gr.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *