Guru Penggerak SMA Laboratorium Unsyiah melaksanakan IHT Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

IHT Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi oleh tim Guru Penggerak SMA Laboratorium Unsyiah yaitu Ibu Anneza Astriet, S.Pd.,Gr.,M.Si. , Rosita Ariani, S.Pd.Gr. dan Hizqil Apandi, S.Pd
Jumat 17 Februari 2023 di perpustakaan SMA Laboratorium Unsyiah dihadiri oleh seuruh guru SMA Laboratorium Unsyiah dalam rangka meningkatkan kapasitas guru meningkatkan profesionalisme guru.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah Dr. Nasir Usman, M.Pd., yang sangat mengharapkan optimalisasi kehadiran guru dengan semangat mengikuti IHT dengan serius. Tema yang ditawarkan tentang pembelajaran berdiferensisasi untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid sangat menarik dan dapat mengakomodr kebutuhan yang berbeda sari siswa. Proses pembelajaran yang dapat menjawab tantangan dan tuntutan menggunakan kurikulum merdeka belajar berubah. Tujuan sosialisasi diseminasi keilmuan bila tidak manfaatkan maka akan sangat rugi.
Keiingina mau menuntut pengetahuan untuk berubah agar inovasi baru yang bisa dikembangkan.

Pelayanan prima untuk memberikan pelayanan terbaik bagi siswa adalah Tema pendidikan dalam taraf bersertifikasi berstandar. Ketika implementasi dari gaya untuk memaksimalkan pembelajaran. Berdiferensiasi dalam bahasa artinya berbeda, dalam kelas terdapat 34 siswa, memiliki sifat yang berbeda , mengajarkan individu yang beragam, rencana pembelajaran seperti apa yang akan bapak ibu guru rencanakan, memaksimal potensi dari 34 orang itu.
Peran Guru adalah mengukir manusia yang memiliki hidup lahir batin .Guru menghadapi makhluk hidup lebih cepat stresnya.

saah satu upaya pembelajaran berdiferensiasi bisa memaksimalkan bisa menjawab permasalahan. Bersikap adil bukan menyama ratakan namun sesuai kebutuhan siswa. Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid Tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas. Untuk mencapai tujuan tidak harus satu cara.Bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya.Menyanggupi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid.Lingkungan belajar yang mengundang murid untuk belajar ( menarik, kondusif, nyaman)Manajemen kelas yang efektif ( 80% siswa kinestetik, guru bicara didepan )Penilaian berkelanjutan( penilaian proses, penilaian berkelompk )

Mengetahui kebutuhan belajar murid disampaikan oleh Pak Hizqil yang menjelaskan anak-anak yang kita hadapi itu punya karakter yang berbeda-beda, mulai dari kesiapan belajar yang berbeda-beda kemudian dari profil belajar yang berbeda-beda kemudian dari minat juga yang berbeda-beda inilah yang mendasari mendasari kenapa kita harus berdiferensiasi dalam pembelajaran di kelas.

Hal ini sebenarnya menjadi dasar kenapa seorang guru harus menerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi di dalam kelas yaitu:

  1. kesiapan belajar menulis
  2. kemudian minat kemudian yang berbeda
  3. profil belajar murid juga yang berbeda

contoh mengidentifikasi atau memetakan kebutuhan belajar berdasarkan kesiapan belajar.
Siswa yang telah siap diberikan pengayaan. Siswa yang belum siap diberikan perlakuan yang berbeda.
Minat berbeda, profil,

Semoga apa yang diupayakan dapat meningkatkan pembelajaran untuk mencapai tujuan kesusesan siswa. amin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *