Peningkatan Kompetensi Guru dan Laboran dalam Mendesain Lembar Kerja Berbasis STEM Inovatif dan Kreatif

Adalah tema yang diangkat dalam pelatihan yang diadakan oleh SMA Laboratorium Unsyiah untuk menerapkan STEAM-C dalam pembelajaran. Tidak hanya guru Sains namun semua guru dilibatkan agar dapat kreatif dalam mengimplementasikan STEAM-C dalam pembelajaran.

Kegiatan diisi oleh Dr. Wiwit Artika, S.Si., M.Ed. dosen dan juga Ka.Prodi FKIP Biologi Unsyiah, telah berkecimpung dalam dunia STEM dari tahun 2010 . Merupakan suatu keistemewaan guru SMA Laboratorium dapat dipandu  oleh Dr.Wiwit. Kedapatan jadwal mengajar dan non mengajar, disegala kesibukan beliau masih menyempatkan diri melatih guru-guru. Bahkan beliau bersedia mendampingi kegiatan guru merancang  ide pembelajaran berbasis STEAM-C yang dituangkan dalam rencana pembelajaran, LKPD dan penilaian secara otentik selama 1 semester kedepan. Merupakan amanah bagi guru untuk dapat menunjukkan perfomance terbaik agar sukses melaksanakan kegiatan ini mencerdaskan siswa dalam pendidikan abad 21.

Dr. Wiwit Artika, S.Si., M.Ed., menjelaskan trik menerapkan STEM dalam pembelajaran

STEM singkatan dari Sains Technologi Engeenering dan Mathematic, menjadi visi misi SMA Laboratorium Unsyiah yang harus  dicapai. Ciri STEM mengintegrasikan keempat komponen STEM secara menyenangkan untuk dapat diingat lama oleh siswa dalam ingatan jangka panjang puluhan tahun. Tujuan STEM melahirkan action dan perubahan tingkah laku siswa. Dukungan Kepala Sekolah Dr. Nasir Usman, M.Pd dan Wakasek Dr. Rini Safitri, M.Si dalam penerapan STEM sudah mulai digalakkan mulai dari perancangan RKAS dan implememntasi program melalui pelatihan dan tagihan rencana kegiatan dari tim STEAM-C guru dapat terlaksana dengan baik. Kadang disebut STEAM-C karena melibatkan art dan carachter. Semoga Allah SWT meridhoi usaha kita semua . Amin.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *