Menariknya Sains dan Teknologi dari Lembaga Atsiri Research Center.

Senin 8 Agustus 2022 Siswa SMA Laboratorium Unsyiah melakukan out door study bertema Sains and teknologi pada lembaga Atsiri Research Center. Kedatangan yang disambut oleh wakil bendahara atsiri research center yaitu ibu Ernawani, SP, M.Si. Kunjungan ini di damping oleh Wakasek ibu Dr.Rini Safitri, M.Si., dan guru sains labschool yaitu Zuchra Ulfa, M.Si., Rosita Ariani,S.Pd.,Gr., Anneza Astrid,S.Pd.,M.Si.,Gr.,dan Hasrati, M.Si bertujuan untuk memantapkan minat siswa pada sains dan mengamati setiap proses pengolahan tumbuhan nilam hingga menjadi minyak atsiri.

Proses yang dilewati antara lain mencakup distilasi dimana tanaman nilam yang dimasukkan kedalam sebuah katel hingga menghasilkan ektrat daun nilam berupa campuran air dan minyak mentah sebanyak 3%, ektraksi merupakan salah satu cara untuk memisahkan komponen minyak dengan unsur lainnya, fraksinasi dilakukan untuk memisahkan antara fraksi berat, fraksi ringan dan residu. Siswa juga mengamati proses produksi minyak atsiri menjadi produk sabun cuci piring.

Lembaga Atsiri sudah berhasil memproduksikan 26 jenis produk dan sudah memiliki izin BPOM maupun Kemenkes. Melalui proses pengolahan nilam hingga menjadi sebuah produk sudah dapat menambahkan wawasan dan ilmu pengetahuan siswa dibidang biologi terkait tumbuhan nilam, dibidang kimia terkait pemisahan unsur yang terkandung didalam minyak atsiri dan dibidang ilmu fisika terkait proses pengolahan dan teknologinya. Siswa begitu antusias mengamati setiap proses yang di lewati oleh nilam hingga menjadi minyak atsiri.Harapan kami menjalin kerjasama dengan pihak lembaga atsiri agar memfasilitasi maupun menunjang bakat minat siswa untuk diimplementasikan sehingga menghasilkan product yang bermutu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *