SMA Laboratorium Unsyiah melaksanakan Raker Menuju Sekolah Unggul Berkarakter Islami Berbasis Sains dan Teknologi TA. 2022

Raker tahun anggaran 2022 tanggal 27 s.d 29 Desember 2021, seluruh guru dan staf hadir  ruang perpustakaan SMA Laboratorium Unsyiah membahas program kerja dengan tema “Menuju Sekolah Unggul Berkarakter Islami Berbasis Sains dan Teknologi”.  Ikut hadir ketua Yayasan Prof. Dr. Djufri, M.Si hadir bersama Dr. Islahuddin, Se.Ak., M.Ec sebagai bendahara yayasan. Kegiatan raker berjalan 3 hari dengan harapan terumuskan program kerja yang akan dilaksanakan tahun anggaran 2022.

Rapat Kerja SMA Lab. Unsyiah TA.2022

Prof. Dr. Djufri, M.Si., dalam kata sambutannya program kerja disusun dapat merumuskan indikator dari tema yang diangkat. Karakter islami yang diangkat menjadi tema, beliau memberi nasehat akan tauladan Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah sekolah jenjang pendidikan apapun, namun Rasullullah dikenal sebagai manusia paling berakhlak di muka bumi. Seorang guru dan karyawan Pendidikan harus dapat menjadikan pengalaman pendidikan bagi siswa berkualitas dan menyenangkan. Sebagai guru memberikan inspirasi contoh pada anak didik, kita sentuh hatinya menjadi manusia yang hebat yaitu manusia Aceh cerdas dengan hati cerdas. Menjadi hal biasa mengajar murid pintar menjadi pintar, namun menjadi luar biasa mendidik siswa biasa menjadi emas.  Menjadi guru yang menyenangkan untuk disukai siswa bukanlah pekerjaan mudah, semoga menjadi amalan yang berkah.  

Ketua Yayasan Prof. Dr. Djufri, M.Si. memberikan tanggapan dan nasehat dalam penyusunan program kerja.

Juga turut disampaikan  harapan dan tujuan setelah raker yaitu:

  1. Mengevaluasi kinerja sekolah, apakah ada posisi bagus dan  sinyal yang baik. Hasil optimal bisa dicapai  berdasarkan kerja keras  dan solidaritas semua komponen.
  2. Membuat Analisis SWOT sehingga untuk menyelesaikan masalah.
  3. Yayasan berusaha optimal menciptakan situasi yang kondusif, kestabilan incam dan pengeluaran.  Perbaikan saran, prasarana  dan kelancaran proses PBM terus dijaga sesuai kebutuhan dan realitas.
  4. Kinerja dengan perbaikan yang signifikan harus selalu dilakukan.
  5. Menjaga kepercayaan dan wewenang yang telah diberikan masyarakat karena sangat mahal harganya.
  6. Harus ada antisipasisampai anak emas tidak emas .
  7. Indikator Islami harus dapat diukur, berbudaya dan langgeng.  Lebih membudayakan karakter islami melekat pada pribadi warga sekolah, begitu azan langsung segera menuju musalla untuk ibadah, budaya membaca Al-Quran. Harus diupayakan ” Baca Alquran lebih menyenangkan dari membaca yang lain, serta mengupayakan keseimbangan zikir dan pikir.
Kerja kelompok bidang dalam Raker
paparan dan evaluasi bidang kurikulum oleh Anneza Astriet.S.Pd., Gr., M.Si.

Pemaparan  laporan perkembangan SMA Laboratorium Unsyiah tahun 2021 dilakukan oleh Dr. Rini Safitri, M.Si sebagai wakil kepala sekolah dan WMN. Pencapaian oleh semua bidang dalam memenuhi standar pendidikan dalam persentasi  berdurasi 15 menit. Penuturan Ketua Yayasan sangat ”menikmati “ dan mengapresiasi capaian sekolah dalam semua bidang, karena dapat mempertahankan Akredetasi A  dengan nomor : 1347/BAN-SM/SK/2021  dan SMN ISO 2009:2015  Tahun 2021-2022.  Tanggapan dan saran yang diberikan oleh ketua kelas kepada guru dan staf membawa semangat dalam proses peningkatan kinerja dan tampilan sekolah. Semoga Allah meridhoi. Tambahan dari Kepala sekolah Dr. Nasir Usman yang mendampingi selama raker berjalan, agar selalu mempertahankan kinerja sekolah bermutu diatas standar yang telah ditetapkan.  Raker dapat mengevaluasi untuk mengoptimalkan visi dan misi sekolah. Komitmen mutu, sinergitas  kinerja berbasis pada nilai A harus dapat dipertahankan dalam proses tidak hanya tertera dalam dokumen.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *