Kreasi Lomba Daring OSIS SMA Laboratorium Unsyiah Merayakan HUT RI ke 76

SMA Laboratorium Unsyiah rutun mengadakan/merayakan hari ulang tahun kemerdekaan RI  sebagai event tahunan. Pandemi telah memberi jarak namun tidak menyurutkan OSIS Labs untuk memeriahkan hari nasional. Kreativitas siswa/i   memanfaatkan sosial media agar terealisasi  lomba 17-an Agustus.  Secara online lomba tetap dilakukan secara daring tanpa harus mengkhawatirkan prokes.

Kegiatan lomba yang dirancang siswa diantaranya terdiri dari lomba OOTD (Outfit Of The Day) dengan tema merah putih, lomba Menyanyi lagu Ciptaan Indonesia, serta Desain poster dengan tema ‘budaya dan multikulturalisme’. Syarat ketentuan sangat berlaku, lomba foto mulai dari pakaian sopan, diwajibkan tiap kelas mengirim 1 perwakilan, pengaplotan foto pada instagram pribadi peserta disertai tag @osislabs dengan penamaan nama,kelas, serta kalimat yang mengandung unsur kemerdekaan dan hastag #cumadilabschool #nasionalabsme. Kategori lomba menyanyi memilih salah satu lagu dibawah dan menggunakan instrumen lagu, diantaranya:

  1. Indonesia jaya – Liliana Tanoesoedibjo
  2. Merah putih – Gombloh
  3. Bendera – coklat
  4. Tanah air – Ibu Soed
Juara I lomba OOTD

contoh foto kreasi siswa bertemakan kemerdekaan

Video  kemudian diupload pada feeds instagram pribadi peserta berdurasi 1menit disertai tag @osislabs, caption disertai nama,kelas,judul lagu beserta hastag #cumadilabschool #nasionalabsme. Kategori “ Lomba Desain Poster”(tema:Budaya Dan Multikulturalisme Indonesia) dengan ketentuan

  1. Peserta lomba adalah siswa SMA LABSCHOOL UNSYIAH.
  2. Diikuti ileh perwakilan kelas (1 kelas 1 orang, bebas laki-laki/perempuan)
  3. Poster di upload di instagram pribadi peserta disertai tag @osislabs
  4. Caption disertai nama, kelas beserta hastag #cumadilabschool #nasionalabsme
  5. karya dibuat menggunakan laptop / smartphone (digital) dengan Format : JPEG Resolusi : 1080p, Ukuran : 1080 x 1080 px (instagram post), desain dapat dibuat hanya dengan ilustrasi atau menggabungkan antara ilustrasi dengan foto, menjauhkan tulisan atau gambar dari plagiatisme (harus original). peserta diperbolehkan menggunakn software freehand, corel draw, adobe photoshop, picsart, canva dan lain-lain.
  6. Karya desain tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia: kesusilaan, moral, kekerasan dan tidak mengandung unsur pornografi, serta bertentangan dengan SARA (Suku, Agama, dan RAS). Panitia berhak menggunakan karya untuk keperluan publikasi.
  7. Poster diupload tanggal 17 s.d 18 Agustus 2021, akun pribadi peserta tidak di private sampai hari sabtu (21agustus2021) untuk penilaian .

Pelaksanaan lomba, 17 Agustus 2021 dan pengumuman pemenang dilakukan 24 Agustus 2021. Saat pengumuman juara, hadiah dibagikan oleh panitia OSIS disekolah dengan pertemuan terbatas. Wakasek Dr. Rini Safitri, M.Si dan beberapa guru ikut menghadiri pembagian hadiah. Wakasek ikut bangga dengan kreativitas anak membuat lomba secara daring, dan memotivasi siswa kreatif membuat keegiatan serupa untuk acara lainnya.

Panitia, dan pemenang
Penyerahan hadiah oleh Wakasek

Ada hal yang menarik yang bisa ditangkap oleh penulis, bahwasanya siswa sangat kreatif mendesain lomba mulai ketentuan alat dan bahan, durasi dan hari, dan mekanismenya semua diperhitungkan dengan detil sehingga diperoleh hasil yang maksimal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *