Labschool Tuan Rumah Pelatihan Pemberdayaan Lab oleh FMIPA Biologi USK 6 April 2021.

Sebanyak 29 guru Biologi SMA Kota Banda Aceh dan Aceh Besar mengikuti kegiatan Pemberdayaan Laboratorium SMA Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Mata Pelajaran Biologi. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Laboratorium Unsyiah, Selasa 6 April 2021. Tidak ketinggalan guru di tingkat menengah juga berpartisipasi dengan semangat dalam kegiatan ini. Tim Dosen dari MIPA Biologi USK yang memang profesional di bidangnya, dengan piawai dengan rendah hati membagikan ilmunya sebagai bentuk Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Jurusan Biologi USK Bekerja Sama Dengan SMA Laboratorium Unsyiah merealisasikan kegiatan pemberdayaan Laboratorium yang sangat dinantikan. SMA Laboratorium Unsyiah yang memang sekolah labnya USK sangat mendukung segala bentuk kegiatan yang dilakukan USK dalam mencerdaskan anak bangsa. Hal ini disampaikan oleh kepala sekolah Dr. Nasir Usman, M.Pd, dalam acara pembukaan pagi Selasa 6 April 2021 bahwa beliau mengaku sangat senang dan bangga kepada FMIPA Biologi karena ikut berperan dalam memberikan pelayanan pendidikan yaitu pelatihan peningkatkan kapasitas tenaga pengajar di lingkungan sekolah. Hal ini pastinya sejalan dengan program Pemerintah Daerah Aceh yang selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan bagi guru dan siswa. Acara dibuka langsung oleh Dr. Dahlan, S. Hut., M. Si. yang menjabat ketua jurusan FMIPA Biologi, dalam pembukaannya beliau menyampaikan harapan yang besar agar kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan dan wawasan dalam pemberdayaan Laboratorium bagi guru, memberikan pelayanan pembelajaran efektif, membentuk ketrampilan dan kognitif siswa. Beliau juga berterima kasih, karena SMA Laboratorium Unsyiah besedia menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini.

Acara pembukaan juga dihadiri oleh tim pengajar FMIPA dan peserta guru kota Banda Aceh dan Aceh Besar . Menurut pengakuan peserta pelatihan, kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu, selain dapat menjalin silaturahmi, juga kegiatan ini akan membawa penambahan ilmu pengetahuan bagi perserta.

Dukungan persiapan yang solid dari panitia kegiatan oleh tim FMIPA dan SMA Laboratorium Unsyiah karena kegiatan pelatihan yang dijadwalkan berlangsung satu hari sukses terlaksana tepat waktu. Diawali dengan praktikum mengamati keberagaman burung di kampus USK dibimbing oleh Dr. Aida Fithri, M.Sc. dan praktikum Biodiversitas Tumbuhan oleh Dr. Zuriana Siregar, M.Si. sangat menarik untuk dapat dilakukan, Dr. Aida mengajak untuk mengagumi indahnya ciptaan Allah SWT, dan beliau mengajarkan praktikum ini sangat cocok untuk materi ekosistem dan mudah dilakukan. Kegiatan selanjutnya adalah praktikum Mikrobiologi Dr. Yulia Sari Ismail, M.Si., Doctor cantik dan imut lulusan Universitas terkemuka di Jepang, sangat profesional dan sabar membimbing peserta. Beliau mengajarkan cara pembuatan medium agar untuk pertumbuhan bakteri dan mengamati bentuk bakteri melalui teknik pewarnaan gram. Menarik Dr. Julia berhasil memperlihatkan teknik yang bisa diterapkan, dengan daya dukung fasilitas yang ada disekolah, tanpa harus terpaku pada alat canggih dan mahal. Selanjutnya Praktikum Fisiologi Hewan dibimbing oleh Dr. Rosnizar, M. Sc. mengawal kegiatan pengamatan sel darah, tentu ini hal menarik dapat dilakukan disekolah.

Selama kegiatan baik panitia dan peserta sangat senang karena acara berjalan lancar, peserta berharap akan mendapatkan kesempatan yang lain untuk ikut kegiatan serupa.

oleh: Fera Andayeti, S.Pd (Humas SMA Lab. Unsyiah)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *