Kunjungan Edukasi Linkungan ke BSU ( Bank Sampah USK)

Sebanyak 12 siswa SMA Laboratorium Unsyiah, kelas X IPS sift A lintas minat Biologi melakukan Kunjungan Edukasi Linkungan ke BSU ( Bank Sampah USK). Kegiatan dilakukan pada tanggal 4 Maret 2021, saat jam pelajaran Biologi pukul 11.30 s.d 12.30. Bertujuan untuk memberi edukasi kepada siswa bahwa pentingnya untuk menjaga lingkungan melalui peduli akan sampah. Kunjungan disambut langsung oleh Ketua BSU Ir. Rama Herawati, MP. dan Sekretaris BSU yaitu Nova Ernyda, S.Si yang juga sebagai UPT Bahasa USK , kedua pakar bidang lingkungan ini sangat senang dan antusias kedatangan siswa SMA Lab.Unsyiah. Siswa dijelaskan tentang pemilahan sampah organik dan anorganik, dan pengolahan sampah tersebut. Mengapa sampah harus dipilah agar tidak semua sampah menjadi residu bagi lingkungan.

Siswa dijelaskan cara pembuatan kompos

Sampah oragnik diolah sehingga menjadi kompos, siswa dingatkan akan kebesaran Allah SWT akan kuasaNya dalam menjadikan sampah organik dengan menjadi kompos yang mengandung unsur anorganik yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan. Sangat menarik pengalaman dalam kunjungan ini, tidak ada bau menyegat kami yang didapati di BSU. Ternyata bila sampah dipisah dari awal tidak akan menimbulkan bau yang membuat kita merasa mual. Kontras sekali kondisi ini dengan sampah rumah tangga dirumah bila tidak dibersihkan atau di TPA pasti baunya sangat menyengat.

Siswa dijelaskan pemilahan sampah organik

Sampah yang sudah terpisah seperti sampah botol plastik, kaleng dan kertas ditampung di BSU dan dihargakan dalam nominal rupiah setiap kgnya. Sampah daun akan dikembalikan dalam bentuk kompos yang sangat bermanfaat untuk tanaman budidaya. Tentu ini sangat menyemangati siswa selain menjaga lingkungan juga mendapatkan jajan tambahan bila dilakukan pemilahan sampah dan mau mengantar ke BSU.

Siswa dijelaskan pemilahan smapah anorganik oleh Ir. Rama Herawati, MP. (ketua BSU)

Hari ini siswa ditantang oleh ketua BSU, agar mau memilah sampah dan menabung ke BSU. Sampah rumah tangga masing-masing siswa mulai hari ini sudah bisa dipilah dan besok diantar ke BSU. Siswa juga ditantang untuk menjadi duta sampah bagi sekolahnya. Semoga Allah memberikan kemudahan bagi siswa SMA Lab. Unsyiah menjadi pribadi hebat yang peduli lingkungan. Amin

Kunjungan Edukasi Lingkungan ke Bank Sampah Unsyiah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *