Praktik Lapangan Mahasiswa FKIP di Masa Pandemi Covid-19

Proses pembelajaran secara daring selama masa pandemi Covid-19, juga berdampak kepada kegiatan PLP Mahasiswa FKIP Unsyiah. Kegiatan PLP II ini (praktik mengajar di Sekolah) tetap dilaksanakan oleh FKIP Unsyiah dengan sistem yang disesuaikan. Mahasiswa PLP II ditempatkan di sekolah – sekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya saat ini, mengingat mahasiswa juga tengah mengikuti perkuliahan secara daring, sehingga sebagian besar mahasiswa berada di kampung halamannya masing-masing.

Mahasiswa PLP II diserahkan ke Sekolah Tujuan melalui layanan interaktif Zoom Meeting. Peserta pada pertemuan tersebut adalah Mahasiswa, Dosen Pembimbing, Kepala Sekolah, Koordinator Pamong, dan Guru Pamong.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Suryawati selaku Dosen Pembimbing mahasiswa PLP II menyerahkan empat orang mahasiswa dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Beliau mengharapkan mahasiswa tersebut dapat beradaptasi dengan situasi sekolah dan kegiatan pembelajarannya.

Kepala Sekolah juga memberikan arahan tentang proses pembelajaran daring, metoda-metoda pembelajaran yang digunakan selama daring dan penekanan terhadap situasi pembelajaran yang nyaman dan kondusif selama daring.

Kegiatan PLP II ini berlangsung mulai tanggal 26 Agustus 2020 hingga 17 Oktober 2020. Seperti halnya penyerahan mahasiswa, maka proses penjemputan mahasiswa PLP II juga dilaksanakan secara virtual interaktif via Zoom Meeting.

Peserta penjemputan terdiri dari beberapa Sekolah di Aceh yang berada di bawah bimbingan Ibu Suryawati. Fakta menarik saat penjemputan tersebut adalah komentar dari beberapa Kepala Sekolah di luar area Banda Aceh yang menyambut positif penyebaran mahasiswa PLP II hingga ke Sekolah Sekolah yang sebelumnya tidak menjadi Sekolah tujuan PLP II. Mereka menyarankan agar sistem seperti ini tetap dilanjutkan di kemudian hari. Mereka mengharapkan pula mahasiswa – mahasiswa PLP II tersebut yang memang putra daerah dapat memberikan hal terbaik bagi sekolahnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *