Lagi, Sukmayati, M.Pd Guru Bahasa Inggris SMA Laboratorium Unsyiah Juara Pemilihan Guru Berprestasi Kota Banda Aceh 2020

Juara I diraih oleh Sulmayati, M.Pd salah seorang guru Bahasa Inggris di SMA Laboratorium Unsyiah dalam Pemilihan Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi SMA/SMK/SLB Kota Banda Aceh dan Kabipaten Aceh Besar Tahun 2020. Tahun sebelumnya juga Sukmayati, M.Pd meraih juara 2 dalam lomba yang sama, ini adalah capaian dengan motivasi untuk menjadi yang terbaik dalam bidangnya. Kepala Sekolah Dr. Nasir Usman, M.Pd  berhasil memotivasi guru-gurunya untuk ikut lomba bergengsi Pemilihan Gupres 2020, sehingga dapat dikirimkan 3 guru sebagai peserta mewakili SMA Laboratorium Unsyiah yaitu Zuchra Ulfa, M.Si guru Fisika, Fera Andayeti, S.Pd guru Biologi dan Sukmayati, M.Pd (menjadi juara I).

Sukmayati, M.Pd Juara I Pemilihan Gupres Tahun 2020 (Guru SMA Lab.Unsyiah)
Sukmayati, M.Pd Juara I Pemilihan Gupres Tahun 2020 (Guru SMA Lab.Unsyiah)

Dr. Nasir Usman, M.Pd menyampaikan dalam wawancara,  SMA Laboratorium Unsyiah memiliki  guru -guru yang memiliki kompetensi tinggi dalam  profesional , pedagogi , kepribadian , dan sosial.   Ditambah lagi memiliki dedikasi dan etos kerja yang tinggi dalam mencerdaskan anak bangsa. Hal ini bertujuan membentuk peserta didik dalam meningkatkan keimanan dan taqwa kepada Allah SWT, akademis prsetasi dan sosial berkarakter. Guru SMA Laboratorium Unsyiah yang selama ini menjadi ujung tombak pendidikan dan mutu sekolah, harus selalu belajar dan meningkatkan kompetensinya  salah satunya dengan mengikuti Pemilihan Gupres 2020.

Penyerahan Hadiah Juara I oleh Dra. Lila Rosnilawati
Penyerahan Hadiah Juara I oleh Dra. Lila Rosnilawati

Acara diselenggarakan oleh  Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, diikuti oleh 39 peserta yang terdiri dari 19 guru Kota Banda Aceh dan 20 guru dari Aceh Besar pada jenjang SMA/SMk/ dan SLB.  Dra. Lila Rosnilawati dalam pembukaannya Minggu 25 Oktober 2020, mengatakan bahwa lomba pemilihan gupres ini dengan bertema Menyonsong Revolusi Industri 4.0 dengan guru dan Kepala Sekolah Berwawasan Pendidikan Abad 21 adalah upaya pemberian dorongan  dan motivasi bagi guru dan kepala sekolah untuk unjuk kerja dan kemampuan berprestasi.  Lomba yang semula dijadwalkan pada bulan pertengahan  Maret 2020 dan harus mengirim utusan untuk lomba tingkat Provisi pada tanggal 17 Agustus  2020. harus ditunda karena pandemi Covid -19.  Kegiatan berjalan lancar  dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Foto bersama dengan Ketua Tim Juri Gupres Tahun 2020 Nurmila, M.Pd.
Foto bersama dengan Ketua Tim Juri Gupres Tahun 2020 Nurmila, M.Pd.

Lomba melewati serangkaian tahap, yaitu peserta  diwajibkan mengirimkan  Portofolio prestasi dan kinerja guru untuk dinilai oleh tim juri yang diketuai oleh Nurmila, M.Pd  Pengawas Kota Banda Aceh, peserta juga  mengikuti ujian tulis  4 Kompetensi dan Wawasan Pendidikan, wawancara, presentasi KTI- Best Practice.

Harapan Dr. Nasir Usman, M.Pd guru-guru termotivasi kembali mengikuti Pemilihan Guru Prestasi  tahun 2021 dan menjadi juara. Perlu memperbanyak portofolio dan prestasi lainnnya dengan membuat karya tulis seperti PTK dan Best Practice. Semoga Allah mudahkan, Amin.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *