SMA Laboratorium Unsyiah menuju pendidikan karakter berbasis Islami

“SMA Laboratorium Unsyiah menuju pendidikan karakter berbasis Islami”

           Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Islami merupakan tema yang diangkat menjadi salah satu program sekolah tahun 2019.  Penguatan ini merupakan langkah yang dirumuskan sekolah untuk  meningkatkan karakter siswa menjadi berakhlak mulia. Strategi ini diawali dengan langkah merumuskan perencanaan melalui kegiatan workshop guru PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) ISLAMI untuk  MENUMBUHKAN SISWA SMA LABORATORIUM UNSYIAH YANG CERDAS dan  BERTAQWA  dilaksanakan pada bulan maret 2019. Kegiatan ini melahirkan perencanaan berupa: 1. metode pendidikan dengan suri tauladan, 2. metode pembiasaan, 3. metode pendidikan dengan nasehat, 4. metode pemberian reward. Pembiasan dilakukan 4s (senyum, sapa, salam, santun), berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaranliterasi al qur’an di pagi hari, sedekah harian, bertujuan: (memotivasi siswa bersedekah, sedekah time setiap pagi, pengadaan kotak amal di sudut-sudut sekolah), kegiatan shalat dhuha, literasi Al Qur’an di pagi hari. Pebiasaan juga dilakukan dengan penyisipan muatan lokal Aqidah akhlak, dan himbauan tidak membawa smart phone ke sekolah.

   workshop guru pendididkan karakter      

  Rumusan kegiatan workshop disosialisasikan kepada komite dan orang tua /wali siswa pada rapat komite dan orangtua wali tanggal 6 Maret 2019, tanggapan komite dan ortu sangat positif dan mengdukung kegiatan ini, bahkan mereka merasa senang diundang dalam rapat. Orang tua bahkan menyepakati dan mendukung program seragam KOKO untuk hari jumat bagi putra.

persiapan siswa dalam pemetaan pembacaan Al Quran

           Pelaksanaan program pendidikan karakter di kelas menunjukkan warna baru bagi siswa, tidak tampak lagi siswa yang sibuk bermain smart phone di kelas saat guru mengajar, keterlambatan ditangani dengan penyetoran hafalan surat pendek dan sedekah seiklasnya untuk fakir miskin. Hal ini  memberikan dampak positif bagi siswa, siswa merasa tidak dihukum. Angka keterlambatan tampak turun dibandingkan sebelum penerapan program ini.

Pembinaan siswa terlambat dengan menghafal setoran ayat Al'Quran dan sedekah pagi Pembinaan siswa terlambat dengan setoran hafalan

Oleh; Fera Andayeti, S.Pd

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *