Ngaji On The Street (NGAOS)

Siswa SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh mengikuti kegiatan Gema Ramadhan tahun 2018 yang diselenggarakan oleh pihak sekolah dengan tema “Ramadhan Juara, Semangat Sekolahnya Semangat Ibadahnya ”  berlangsung 21 Mei – 25 Mei 2018 yang diikuti sekitar 50-an peserta.

Penyelenggaran kegiatan bekerjasama dengan Lembaga Dakwah Kampus Fosma Unsyiah bertujuan memotivasi siswa melakukan kegiatan positif selama bulan puasa.  Target  pencapaian kegiatan mengajari siswa memaknai bulan Ramadhan sebagai bulan yang dilipatgandakannya pahala dan sarana untuk mendapatkan wawasan yang baru tentang agama Islam. Kegiatan ini dikemas dengan konsep fun learning untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam menjalani program sampai dengan selesai seperti salah satunya kegiatan “Ngaji On The Street” (NGAOS). Perjalanan dimulai  dari SMA Labschool Unsyiah menaiki bus Transkutaraja kearah Masjid Raya Baiturrahman, sesampainya dilanjutkan dengan Tausiah dan Shlat Dzuhur berjamaah. NGAOS dilakukan untuk menumbuhkan semangat siswa agar selalu bersama Al-Qur’an  bahkan dalam penggunaan fasilitas publik seperti bus Trans Kutaraja.  Diharapkan dapat menjadi contoh teladan kepada generasi muda bahwa Al-Qur’an  pedoman hidup ummat Islam wajib dibaca dan diamalkan setiap saat. Kesan antusias dan keseriusan yang didapatkan dari siswa selama NGAOS, “sangat menyenangkan” kata siswa.

1

2

“Kegiatan ini merupakan tradisi yang rutin dilaksanakan di bulan Ramadhan oleh siswa SMA Labschool Unsyiah.  Hal ini juga menyahuti anjuran dari Dinas Pendidikan Provinsi Aceh untuk mengadakan kegiatan di bulan Ramadhan.  Serangkaian kegiatan Gema Ramadhan lainnya seperti shalat Dhuha, tahsin Al-Qur’an,training motivasi, dan belajar lebih dalam tentang fiqih cara berwudhu, bertayamum,serta shalat juga sudah dilaksanakan di sekolah sejak Senin tanggal 21 Mei 2018 .  Kepala sekolah Dr.Nasir Usman, M.Pd sangat mendukung, dalam kata sambutannya menyatakan “Sebelumnya pelaksanaan kegiatan Gema Ramadhan hanya melibatkan guru kita saja sebagai pemateri dan pembimbing. Sejak tahun lalu sekolah juga bekerjasama dengan  mahasiswa dari LDK Fosma Unsyiah maupun alumni untuk membantu dan membimbing siswa, diharapkan tidak terjadi kebosanan dan kejenuhan. Semoga melalui kegiatan ini dapat mengisi waktu dengan ibadah selama menjalankan puasa dan Allah SWT melimpahkan rahmat dan berkah kepada kita semua”. Amin.

photo_2018-05-24_10-57-03           

Bapak Rahmat Nazli, S.Pd.I sebagai pembina rohis SMA Labschool Unsyiah dan ketua pelaksana Gema Ramadhan 2018 ini sangat berharap siswa mendapat tambahan wawasan dan ilmu baru, serta pemahaman ayat Al-Qur’an yang dimplementasi dalam kehidupan sehari-hari. Rohis SMA labschool juga selalu mengadakan kegiatan dakwah, kegiatan edukasi sebagai wadah atau sarana untuk mengajarkan pemahaman anak-anak kami tentang islam,” tambahnya. Kegiatan ini diharapkan bisa membawa dampak positif terhadap siswa sehingga Ramadhan menjadi momentum meraih taqwa dan menjadi ciri pelajar yang cerdas, unggul dan berkarakter Qur’ani.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *