Diklat Calon Pengurus OSIS dan ROHIS Periode 2013/2014

diklat1Menyambut tahun ajaran baru, tentu saja bermakna akan banyak yang berubah. Mulai dari perpisahan dengan siswa kelas 12 tahun lalu, hingga pertemuan dengan siswa-siswi baru. Tahun ajaran baru, ternyata juga berarti pergantian periode bagi pengurus organisasi kesiswaan. Maka dari itu, untuk menyiapkan penerus yang siap secara mental dalam memimpin organisasi-organisasi ini, diadakanlah Diklat(Pendidikan dan Pelatihan).

Diklat tersebut diselenggarakan oleh pengurus OSIS dan ROHIS periode 2012/2013 yang sekarang telah duduk di kelas 12, sedangkan pesertanya sebagian besar ialah siswa kelas 11, dan sebagian kecil lainnya merupakan siswa kelas 10 yang baru saja bergabung dengan SMA Labschool.

Meskipun hanya berlangsung selama dua hari (30-31 Agustus 2013), Diklat dirancang seefektif mungkin agar semua tujuan dapat tercapai. Kegiatan ini dimulai pada Jumat siang, sekitar pukul 14.00 WIB, ketika itu acara langsung dibuka oleh Hansa Mustada yang bertindak sebagai moderator. Kemudian diklat dimulai dengan mendengarkan penjelasan dari Fania Putri Alifa (Kabid. HUMAS OSIS), yang pada saat itu memperkenalkan sedikit banyak tentang apa itu OSIS. Kemudian acara dilanjutkan dengan materi “Kepemimpinan” oleh Muhammad Dipi Abdallah (Ketua I OSIS). Ia banyak menjelaskan Kepemimpinan secara teoritis, tak lupa ia juga melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta yang bersangkutan dengan kepemimpinan.

Selanjutnya yaitu selingan materi, yaitu sebuah sesi yang bertajuk “Bagaimana Anda Menyikapi Situasi Ini?”. Pada sesi ini, para peserta diberikan sebuah situasi, dimana anda bertindak sebagai pemimpin yang sedang mengalami permasalahan baik kecil maupun besar. Tujuannya adalah untuk menilai bagaimana cara calon OSIS-ROHIS periode mendatang bersikap apabila mereka nantinya dihadapkan pada situasi yang genting.

Salah satu contoh pertanyaan pada sesi "Bagaimana Anda Menyikapi Situasi ini?"
Salah satu contoh pertanyaan pada sesi “Bagaimana Anda Menyikapi Situasi ini?”

Setelah sesi tersebut selesai, acara kembali disambung dengan pemberian materi oleh Ahmad Khemal Pasha (Ketua Umum OSIS). Khemal memberikan penjelasan mengenai manajemen OSIS, namun ia juga tak lupa memberi wejangan-wejangan mengenai bagaimana menjadi pemimpin yang baik dalam sebuah organisasi, dan juga tips-tips dalam membagi waktu. Bagi anggota OSIS, pasti akan sangat sulit membagi waktu dalam menyiapkan sebuah kegiatan, karena di lain sisi anggota OSIS juga berperan sebagai siswa, dimana sudah pasti memiliki tanggung jawab untuk belajar dan mengerjakan tugas maupun pekerjaan rumah.

Di penghujung hari Jumat, para peserta disuguhkan sebuah games demi menghibur mereka yang keletihan dalam mengikuti diklat. Games yang dimaksud adalah games “Sebut Warna”, mereka harus menyebutkan warna latar belakang dan tulisan seperti yang ditampilkan menggunakan proyektor. Selain dapat menghibur, games tersebut bertujuan untuk melihat tingkat fokus mereka setelah kurang lebih 2,5 jam menjalani diklat pada hari itu.

Dapatkah anda menyebutkan Warna Tulisannya secara Cepat dan Akurat?
Dapatkah anda menyebutkan Warna Tulisannya secara Cepat dan Akurat?

Kegiatan ini dilanjutkan esok harinya yaitu Sabtu. Pada hari Sabtu, acara dimulai sekitar pukul 12.00 siang. Setelah semua peserta berkumpul, acara kembali dibuka oleh moderator dan diawali dengan materi Pengenalan ROHIS oleh Abdul Hakim (Kabid Seni ROHIS). Kemudian materi dilanjutkan oleh Giffari Zakawali (Ketua ROHIS), ia menjelaskan tentang tata cara manajemen ROHIS, tak lupa Giffari juga menampilkan beberapa video motivasi yang bertujuan untuk menempa mental para peserta. Moderatorpun kembali mengambil alih untuk sesi “Bagaimana Anda Menyikapi Situasi Ini?”.

Setelah itu, diadakan games “Pesan Berantai”, dimana para peserta harus membentuk dua kelompok dan berkompetisi. Mereka membentuk barisan, barangsiapa yang terlebih dahulu menyampaikan pesan ke orang yang paling belakang, dan pesan tersebut benar, maka kelompok itulah yang menang. Games ini mengandung hikmah, yaitu dalam organisasi, kita haruslah menjadi sosok yang amanah, yaitu apabila dititipkan sebuah pesan kepada kita, hendaklah kita menyampaikan sama dengan faktanya, tidak ada yang dikurangi apalagi dilebihkan.

Menjelang pukul 14.00 siang, semua peserta dan panitia diklat duduk melingkar. Semuanya tampak akrab dan hangat. Situasi ini diciptakan bertujuan agar para pengurus OSIS dan ROHIS periode 2012/2013 dapat sharing dengan para penerusnya kelak. Tak lupa para peserta yang sudah dianggap seperti adik sendiri oleh para pengurus, juga menyampaikan pesan-kesan setelah dua hari mengikuti kegiatan ini. Ternyata mereka berpendapat sangat senang telah mengikuti diklat. Acara pun ditutup dengan foto bersama.

IMG-20130831-00410 IMG-20130831-00412 IMG-20130831-00414 IMG-20130831-00415

IMG-20130831-00409

 

IMG-20130831-00417IMG-20130831-00418IMG-20130831-00420IMG-20130831-00416

diklat2

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *