Pembukaan Pengenalan Lingkungan SMA Laboratorium Unsyiah 2022/2023

Sebanyak 175 siswa baru tahun ajaran 2022/2023 mengikuti pengenalan lingkungan sekolah Sabtu 16 Juli 2022. Pagi hari ini adalah sesi pembukaan oleh Dr.Usman Kasim, M.Pd, didampingi wakasek Dr. Rini Safitri, M.Si dalam kata sambutannya mengajak seluruh siswa aktif ikut dalam kegiatan secara serius. Acara PLS ini adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan sekolah untuk memperkenalkan sekolah kepada siswa baru dengan harapan siswa memiliki gambaran sekolah tentang tata cara pelaksanaan beraktivitas disekolah, dan budaya belajar. Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru ini akan diisi dengan kegiatan positif dan mendidik bagi siswa baru.

Tujuan kegiatan PLS diantaranya :

  1. Mengenali potensi diri siswa baru;
  2. Membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan
    sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan
    sarana prasarana sekolah;
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai
    siswa baru;
  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah
    lainnya;
  5. Menumbuhkan karakter Pelajar Pancasila yang meliputi: beriman,
    bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berahlak mulia,
    berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar
    kritis, dan kreatif.
  6. Memahami dan melaksanakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)
    serta protokol Kesehatan COVID-19 di lingkungan keluarga, sekolah
    dan masyarakat.


Serangkaian kegiatan dirangkai oleh tim PLS diketuai oleh Hendra Darmawan, S.Si telah mempersiapkan kegiatan jauh hari bahkan selama liburan. Kegiatan dilaksanakan 5 hari mulai tanggal 16 s.d 21 Juni 2022 akan banyak didisi kegiatan positif seperti pagi ini kegiatan diisi oleh Dr.Syaifullah, S.T., M.Eng. seorang dosen peneliti ARC yang banyak berkarya dan menerima penghargaan dari daerah, nasional dan internasional. Jadwal padat beliau, kesibukan mengajar dan meneliti bahkan harus menjalani penerbangan ke luar kota Makassar siang ini, namun menyempatkan hadir mengisi kelas motivasi di SMA Laboratorium Unsyiah. Ini juga atas bujukan wakasek Dr. Rini Safitri, M.Si yang mengharapkan ada materi untuk membangun ketangguhan mental siswa. Isi motivasi yang disampaikan Dr. Syaifullah sangat relevan dengan keseharian siswa belajar. Hambatan dan kendala akan dilalui siswa saat menuntut ilmu, namun beliau berusaha menggerakkan siswa agar tidak mudah menyerah, menekankan kerja keras, takzim dan hormat pada orang tua dan guru, yang paling penting tidak lupa berdoa kepada Allah SWT . Pesan Pak Syaifullah kepada siswa “Sehatnya hati karena keyakinan, jangan ragu-ragu”, kata Ali bin Abi Thalib maka percayalah Matinya hati karena kebodohan dan hidupnya hati karena ilmu pengetahuan. Fakta ada anak saat masa sekolah dikatakan idiot dan bodoh sehingga harus dikeluarkan, disarankan sekolah di tempat khusus seperti yang dialami Thomas Alfa Edison, namun di tangan yang tepat daukungan sang Ibu kejeniusan Thomas tersalurkan menjadi ilmuwan hebat yang mempengaruhi peradaban dunia.

Dr. Syaifullah memberikan materi


Tidurnya hati karena kelalaian dan jaganya hari karena zikir. Hati adalah rahasia ketangguhan dan kebangkitan, ketangguhan hati tidak mudah, menjadi pribadi tidak berputus asa. Pesan utama dalam motivasi ini adalah Salat didirikan, berkumpul dengan orang saleh, selalu berzikir. InsyaAllah 5 tahun ke depan usaha dan kerja keras akan menghangtarkan anak-anak menjadi orang hebat. Amin

Fakta menarik setelah pembukaan, sebagian tim beranjak untuk melaksanakan briefing panitia Game Karakter OSIS PLS Labschool 2022 yang akan dilaksanakan hari Kamis 21 Juli yang dilaksanakan pembina OSIS Pak Rahmat Nazli, S.Pd.i didampingi Pak Hizqil Apandi bersama siswa OSIS, perencanaan diharapkan kegiatan ini memiliki kesatuan visi untuk mencapai tujuan yang diharapkan sukses.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *