Diklat Kepemimpinan OSIS-ROHIS SMA Laboratorium Unsyiah 2022

Bintang Alqarni terpilih sebagai ketua OSIS 2022 dan 47 anggota lainnya dijadwalkan akan menerima pelatihan dalam Diklat Kepemimpinan OSIS-ROHIS  SMA Laboratorium Unsyiah 2022 selama 2 hari tanggal 16 s.d 17 Februari 2022. Lanjutan agenda dari pelantikan sejak Januari 2022 . Bertujuan untuk memberi wawasan,pengetahuan kepemimpinan dan berorganisasi sehingga menumbuhkan karakter yang mendukung peran mereka sebagai pribadi dan tim yang unggul ikut memajukan  dan mengharumkan nama sekolah.

Diklat Kepemimpinan OSIS 2022

Panitia terdiri dari tim OSS 2021 telah merencanakan dan memepersiapkan kegiatan dari awal Januari.  Koordinasi kegiatan seperti waktu, tempat, acara dan materi sudah dilakukan dengan baik dibawah komando pembina OSIS Rahmat Nazli, S.Pd.I. , dalam kata sambutannya beliau sangat berterima kasih atas usaha dan kerja keras panitia OSIS yang telah bekerja maksimal. Panitia menyisiasati waktu menyiapkan kegiatan di sela-sela waktu belajar sekolah. Perwujudan membangun karakter kepemimpinan  kerja keras dan tanggung jawab  dari peserta OSIS 2021 dapat terlaksana, suatu keberhasilan yang patut dibanggakan. Kata pak Rahmat tujuan kegiatan ini memberikan wawasan dan pelatihan bagi anggota OSIS/Rohis sehingga dapat menjalankan kepengurusan, juga dilatih karakter leader, plubic speaking dan relationship. Himbauan beliau agar siswa dapat mengikuti dengan maksimal tidak terganngu menggunakan hp atau lainnya dengan tetap menjaga prokes.

Diklat Kepemimpinan OSIS ROHIS SMA Laboratorium Unsyiah

Kondisi virus Covid varian Omivron mulai meningkat di Banda Aceh,  mengakibatkan sekolah akhirnya lockdown selama 3 hari walaupun begitu kegiatan dilaksanakan dengan pertemuan terbatas dengan prokes ketat, dan yang sakit diarahkan istirahat dirumah. Pemateri yang diundang terdiri dari akademisi dan aktivis yang talenta mumpuni seperti materi public speaking motivation akan diisi oleh Dosi Elfian,S.HI (produser Kompas TV Aceh), Fadlyna Shaputra, S.Pd.I dan Ahmad Khemal Pasha alumni Labschool tahun 2012, terpilih menjabat sebagai ketua OSIS saat sekolah, berhasil menggagas dan membujuk manajemen sekolah dengan teori dan fakta agar dibuka kembali kelas IPS yang sempat ditiadakan karena fokus Labschool. Hal ini sungguh mendukung minat dan potensi kelas IPS saat itu. Saat itu hanya sains dan Kemal berhasil menjadi ketua BEM di UI masa kuliahnya. Khemal juga memberikan materi bagaimana berorganisasi namun tetap berprestasi dalam akademis, trik dan tips dibagikan agar dapat memotivasi siswa.

Kepala Sekolah Dr. Nasir Usman, M.Pd membuka kegiatan

   “It always seems impossible until it’s done” by Nelson Mandela adalah tema yang diangkat dalam kegiatan  kali ini.  Mengandung filosfi yang mengajak manusia agar tidak pesimis. Saat ada tantangan diawal terkesan hal yang sulit diwujudkan, karena memang belum terlihat seperti apa bentuknya. Tetapi,  saat dilakukan ketika di titik tertentu terlihat hasil, secara perlahan orang-orang mulai menyadari bahwa hal itu ternyata dapat diwujudkan. Mampu belajar dari kelemahan, mulai mengenali kemampuan serta potensi keberhasilan yang mungkin didapatkan, akan timbul  rasa percaya diri dengan impiannya dan berusaha mewujudkannya. Pada gilirannya, akan mampu mendorong orang lain untuk mewujudkan mimpinya yang terlihat tidak mungkin. Harapan yang sama akan dapat dilakukan oleh OSIS 2022.

materi:public speaking motivation, Dosi Elfian,S.HI (produser Kompas TV Aceh)
Kepala sekolah Dr. Nasir Usman, M.Pd, didampingi wakasek Dr. Rini Safitri, M.Si, ikut serta Pembina OSIS Rahmat Nazli, S.Pd.I , Riski Maulana S.Pd pembina Rohis dan koordinator bidang kesiswaan Hendra Darmawan, S.Si
Pelaksanaan kegiatan dilaksnakan di Aula SMA Laboratorium Unsyiah

Siswa mengikuti dengan serius
Pembina Osis Rahmat Nazli, S.Pd.I meyampaikan kata sambutannya.
Materi dari Ahmad Khemal Pasha Alumni Labschool sebagai ketua OSIS dan Ketua BEM dan UI

Materi manajemen berorganisasi dalam akademis sekolah

Turut serta hadir dalam kegiatan kepala sekolah Dr. Nasir Usman, M.Pd, wakasek Dr. Rini Safitri, M.Si, dan koordinator bidang kesiswaan Hendra Darmawan, S.Si dan Riski Maulana, S.Pd. sebagai pembina Rohis. Kata sambutan kepala sekolah Dr. Nasir Usman, M.Si  mengaharapkan diklat berjalan dengan maksimal, siswa dapat mengikuti dengan baik dan maksimal juga. Beliau menghimbau kehadiran OSIS, adalah menjadi mitra sekolah, yang diinginkan adalah OSIS ada garda terdepan kesuksesan dengan capaian prestasi dan memajukan sekolah.  Persoalan dan kendala yang dihadapi sekolah, OSIS  ikut membantu menyelesaikan. Bukan sebaliknya  hal negatif dapat dicegah dan diajuhi.  Indikator keberhasilan karakter  leadership, ilmu manajemen, komunikasi, kedisiplinan dapat diwujudkan dalam masa jabatan OSIS 2022. Bertanggung jawab atas pilihan yang dipilih, dapat mengatur waktu berorganisasi, berkomitmen tinggi namun juga tidak meninggalkan pelajaran.   Menjadi contoh teladan bagi siswa lainnya,  seperti disiplin, tidak terlambat,  perilaku santun dan menghargai. Ini kesempatan yang cukup bagus untuk pengurus OSIS untuk berlatih menjadi top manajer. Pengalaman banyak  Alumni OSIS yang tampil Top manajer yang sukses.  Harapan siswa labschool menjadi anak yang unggul, warga Indonesia yang tangguh siap bersaing dalam kancah apapun. Amin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *