Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Melalui Karya Tulis Ilmiah, Guru Mengembangkan Kemampuan Akademik yang Memiliki Daya Saing Tinggi adalah Judul pelatihan yang dilaksanakan SMA Laboratorium Unsyiah, Kamis, 4 Maret 2021. Pukul 14.00 acara dibuka oleh Dr.Nasir Usman, M.Pd, kepsek SMA Laboratorium Unsyiah, harapan besar melalui kegiatan ini menjadi stimulus meningkatkan semangat guru dalam menulis. Kepsek juga menambahkan dalam pembukaan seminar, “kreativitas menulis harus dilatih dengan membuat artikel dan Penelitian Tindakan Kelas selain mencari solusi permasalahan belajar siswa, dari kegiatan ini juga dapat diseminarkan untuk meningkatkan kreativitas dan wawasan guru dalam mengajar.


Sebanyak 35 guru mengikuti dengan antusias dan khitmat saat Dr. Elin Yusibani, M.Si dosen FMIPA Fisika Unsyiah sekaligus Editor ISBN bersertifikasi memberikan materi tentang cara pembuatan jurnal.
Beliau menstimulus guru untuk menulis dengan penjelasan bagaimana angkat kredit dapat meningkat melalui publikasi karya tulis hasil penelitian, seperti buku yang diterbitkan ber-ISBN dan diedarkan secara nasional, artikel ilmiah dimuat di jurnal ilmiah tingkat Nasional yang terakreditasi dan laporan hasil penelitian yang diseminarkan.
Pemaparan materi penjelasan apa itu jurnal, tata cara pembuatan Jurnal dan mekanisme mencari jurnal, ciri-ciri jurnal ilmiah, dan mencari “Indeks” yang tepat untuk menemukan konten ilmiah, membuat peserta terhenyak dan lupa akan segunung aktivitas harian.
Dr. Elin juga menjelaskan untuk menghindari jurnal nasional tidak terakreditasi dan meragukan untuk dijadikan rujukan, hal ini menjadi pengetahuan baru bagi guru. Apalagi rujukan dari jurnal palsu berdasarkan surat direktur Diktendik yang meninformasikan pengelola, bahwa jurnal tertentu tidak lagi digunakan untuk kenaikan pangkat/jabatan akademik dosen.
Panitia acara yang terdiri dari tim akreditasi Mutu Guru dipimpin oleh ibu Tuty Hannah, S.Si telah berhasil menggagas dan melaksanakan kegiatan seminar secara terstruktur dan apik sehingga dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi peserta dalam menulis.
Terima kasih penulis kepada panitia atas usaha dan kerja keras mewujudkan kegiatan ini, serta dukungan sekolah untuk mewujudkan prestasi gemilang SMA Laboratorium Unsyiah. Semoga Allah meridhoi, amin.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *