Praktikum Senyawa Ion dan Kovalen kembali digelar di kelas Kimia SMA Laboratorium Unsyiah

Kegiatan Praktikum kimia kelas X dengan judul : Sifat senyawa ion dan kovalen kembali di gelar. Guru mapel Kimia merancang kegiatan praktek di laboratorium Kimia di SMA laboratorium Unsyiah. Tidak menunggu lama, kembalinya tatap muka terbatas dimanfaatkan segera oleh ibu Rosita Ariani, S.Pd.,Gr., untuk segera melaksanakan kegiatan praktikum yang selama ini terhalang kondisi daring.
Tujuan praktikum ini adalah untuk mengamati karakteristik senyawa ion dan kovalen di tinjau dari sifat fisikanya.
Peserta didik melakukan praktikum Uji titik leleh, Uji kelarutan, Uji Daya Hantar listrik dan Uji titik Didih pada senyawa ion dan kovalen. Semua praktikum ini dapat dilakukan untuk semua rombel kelas X sebanayak 4 kelas, kehadiran Laboran ibu Hasrati, M.Si., semakin membantu kelancaran praktikum mulai dari persiapan,pelaksanaan dan pembersihan alat praktikum.

Siswa melaksanakan praktikum dalam kelompok

Praktikum adalah kegiatan belajar berbentuk pengamatan terhadap percobaan atau pengujian di laboratorium yang diikuti dengan analisis dan penyimpulan terhadap hasil pengamatan. Pembelajaran berbasis praktikum merupakan sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses Sains. SMA Labschool Unsyiah memasukkan kegiatan praktikum sebagai bagian penting dalam proses pembelajaran. Kegiatan praktium selain membantu siswa memahami konsep pembelajaran juga dapat dilakukan penilaian psikomotor. Siswa sukses melaksanakan prktikum, tampak semangat dan serius, hanyut dalam praktikum dari awal s.d akhir. Siswa yang selama ini haus akan proses pembelajaran tatap muka, segera terobati kerinduan untuk belajar iquiri dalam kegiatan praktikum. semoga kondisi ini dapat bertahan lama sehingga proses pembelajaran di SMA Laboratorium Unsyiah dapat bermakna dalam pembelajaran sepanjang hayat. Amin.

Laboran membantu menyiapkan dan mereparasi perlatan praktikum

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *