Kegiatan Dinul Islam dengan Tema Gema Ramadhan dilaksanakan di SMA Laboratorium Unsyiah 19 s.d 24 April 2021 Ramadhan 1442 H.

Siswa kelas X dan XI mengikuti kegiatan Gema Ramadhan yang diadakan oleh SMA Laboratorium Unsyiah mulai tanggal 19 s.d 24 April 2021. Sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Aceh untuk mengadakan kegiatan Dinul Islam di lingkungan sekolah selama bulan suci ramadhan 1442 H.

Siswa mengikuti Kajian
Salat Duhur berjamaah


Ketua panitia Rahmat Nazli, S.Pd.I dalam kata sambutan pagi ini menyampaikan , syukur Alhamdulillah kegiatan yaitu Gema Ramadhan kembali diadakan secara tatap muka dengan mengedepankan prokes. Tahun lalu kegiatan ini hanya dapat dilakukan dirumah karena pandemi covid 19. Agendanya kegiatan diantaranya salat Duha dan Duhur berjamaah, Tahsin, kajian dan motivasi islami, bersedekah, kegiatan ngaos (ngaji on street) di bus untuk ngaji sebagai bentuk syiar bahwa di bus bisa mengaji dibandingkan scrol medsos dan lainnnya. Akhir kegiatan selama 6 hari ada post test dan door prize serta pemberian sertifikat kepada siswa yang aktif.

Kepala Sekolah memberikan kata sambutan

Tujuan kegiatan dengan memberikan pendalaman agama dalam bentuk kegiatan gema ramadhan dengan harapan ada peningkatan dan perubahan akhlak siswa menuju karakter islami sesuai keteladanan akhlak Rasulullah SAW. Pak Rahmat selaku koordinator Rohis dan Osis dengan izin kepala sekolah telah membentuk panitia kegiatan dengan pelibatan guru/staf dan kerjasama LDK Unsyiah untuk ketercapaian kegiatan. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan telah dipersiapkan diawal tahun ini selalu menjadi andalan untuk menguatkan karakter islami di bulan suci Ramadhan. Kegiatan yang lumayan padat , semoga bisa diwujudkan dan mendapat dukungan dan partisipasi dari warga sekolah. Harapan siswa dapat ikut semua karena ini adalah kegiatan menarik dan salah satu bentuk ibadah . Pak Rahmat juga menambahkan prilaku positif yang paling simpel yang dapat diwujudkan adalah membudayanya mengucapkan salam kepada guru dan siswa, karena bersalaman tidak dapat dilakukan lagi, maka perlu pembiasan pengucapan salam agar terus terjalin silahturahmi dan tegur sapa. Contoh prilaku lain terjadi peningkatan Takzim pada orang tua dan guru ( menghormati dan menghargai untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT).

Dr. Nasir Usman, M.Si. membuka kegiatan Gema Ramadhan

Membuka kegiatan Gema Ramadhan, kepsek Dr. Nasir Usman, M.Pd, merujuk dari visi sekolah yaitu menuju sekolah unggul berkarakter islami berbasis sains dan teknologi, inovatif dan kreatif, sekolah sudah mendukung pengembangan karater islami dengan Penambahan pelajaran Mulok budi pekerti akhlak sebagai mata pelajaran dalam kurikulum sekolah. Dr. Nasir menuturkan kegiatan Gema Ramadhan harus didukung oleh semua warga sekolah agar kegiatan benar-benar efektif dimana pembentukan karakter dan akhlak dapat terwujud. Ucapan terima kasih beliau kepada panitia, wali kelas, guru/staf yang telah bekerja keras untuk mewujudkan acara dan berhasil menggalakkan siswa untuk dapat hadir kegiatan Gema Ramadhan. Keterlibatan guru dan staf juga terlihat saat ikut hadir dan mendampingi siswa dalam kegiatan, wali kelas memantau kehadiran siswa, bahkan wakasek Dr. Rini Safitri, M.Si terjun langsung membantu mengkoordinir siswa, akibatnya semua guru dan siswa tambah semanngat ikut kegiatan.

Panitia Gema Ramadhan 1442 H


Harapan kepala sekolah melalui kegiatan ini, adalah salah satu bentuk kegiatan yang mendukung performanci sikap, dan keterampilan siswa, dimana penerapan “knowledge” dapat ter”doing” dengan baik dan akhirnya timbul” loving” yang membudaya positif.

Pantauan juga dilakukan oleh pengawas sekolah Ibu Nurmila, S.Pd., M.Si yang meninjau langsung kegiatan, dalam wawancaranya dengan pengawas sekolah provinsi Aceh ini, kegiatan Dinul Islam sudah diagendakan dan mulai dilaksanakan dengan baik, dengan memberikan materi pelajaran yang mengaitkan nilai -nilai keagamaan selama bulan suci Ramadhan.

Ibu Nurmila, S.Pd. M.Si meninjau langsung kegiatan Gema Ramadhan 1442 H

Semoga segala bentuk usaha yang dilakukan dalam mengembangkan kepribadian anak mendapatkan berkah dari Allah SWT. Amin.

oleh Tim Humas SMA Lab. Unsyiah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *