Pada tahun pelajaran 2020/2021, SMAS Labschool Unsyiah menyambut peserta didiknya dengan cara berbeda. Hal ini dilakukan mengingat kondisi yang masih dalam suasana pandemi Covid-19. Sesuai arahan Dinas Pendidikan Aceh dan Keputusan Rektor Unsyiah terkait penyelenggaraan pembelajaran di Lingkungan Kampus Unsyiah, maka SMAS Labschool telah menentukan bahwa mulai 13 Juli 2020 hingga September nanti, proses belajar mengajar di Sekolah masih melalui sistem daring.

Pada tanggal 13 Juli 2020 yang merupakan hari pertama masuk sekolah, SMAS Labschool memulai pembelajaran dengan silaturahmi bersama siswa-siswi kelas X melalui aplikasi Zoom, dimulai dengan pengarahan dari Bapak Dr. Nasir Usman, M.Pd. selaku Kepala SMAS Labschool Unsyiah, dilanjutkan dengan pengenalan profil sekolah oleh Ibu Fera Andayeti, S.Pd. selaku Koordinator Humas. Beliau juga menampilkan profil guru-guru SMAS Labschool Unsyiah.

Kepala Sekolah memberikan arahan dan motivasi kepada siswa kelas X
Kepala Sekolah memberikan arahan dan motivasi kepada siswa kelas X via Zoom

Selanjutnya ada pemaparan sistem kurikulum dan proses pembelajaran selama Daring oleh Koordinator Kurikulum, dalam hal ini disampaikan oleh Ibu Anneza Astriet, S.Pd.Gr., M.Si. Beliau menyampaikan tentang aplikasi daring yang akan digunakan oleh Sekolah sebagai aplikasi utama proses pembelajaran, yaitu Spada Aceh. Disampaikan pula bahwa di minggu pertama pembelajaran, siswa siswi akan diperkenalkan dengan aplikasi Spada serta tatacara dalam mendownload materi atau bahan ajar serta mengupload tugas.

Siswa siswi kelas X serius mendengarkan arahan
Siswa siswi kelas X serius mendengarkan arahan

Silaturahmi dengan kelas X diakhiri dengan pengenalan wali kelas masing-masing. Harapan Sekolah pertemuan ini akan memberikan motivasi dan semangat belajar bagi siswa siswi kelas X meskipun hanya melalui dunia maya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan menyapa kelas XI dan XII, memperkenalkan masing-masing wali kelas, dan juga memberikan arahan terkait Aplikasi Spada Aceh, sebagai aplikasi pilihan SMAS Labschool dalam proses pembelajaran daring.

Guru-guru menyambut tahun pelajaran semester ganjil 2020/2021
Guru-guru menyambut tahun pelajaran semester ganjil 2020/2021

Akhir kata, semoga wabah dunia Covid-19 segera berlalu dan pembelajaran tatap muka akan kembali kita laksanakan bersama ^^.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *