Semangat Dakwah SMA Labschool Unsyiah melalui “Ngaji On Street (NGAOS)”

“Ngaji On Street (NGAOS)” istilah yang tidak asing lagi di telinga siswa SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh,  mengaji Alquran dilakukan sambil menumpangi bus Transkutaraja ini kerap dilakukan siswa saat bulan Ramdhan. Ngaos kegiatan rutin dari Gema Ramadhan tiap tahunnya sedang dilaksankan mulai tanggal 13 s.d 18 Mei 2019,  i bertemakan “Semangat Dakwah Syiar di Bulan Ramadhan “ diikuti  sekitar 50-an peserta.

NGAOS DI Transkutaraja

Kegiatan ini bertujuan memotivasi siswa melakukan kegiatan positif selama bulan puasa.  Target  pencapaian kegiatan mengajari siswa memaknai bulan Ramadhan sebagai bulan yang dilipatgandakannya pahala dan sarana untuk mendapatkan wawasan yang baru tentang agama Islam. Kegiatan ini dikemas dengan konsep fun learning untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam menjalani program sampai dengan selesai seperti salah satunya kegiatan “Ngaji On The Street” (NGAOS). Perjalanan dimulai  dari SMA Labschool Unsyiah menaiki bus Transkutaraja kearah Masjid Raya Baiturrahman, sesampai di mesjid Baiturrahman dilanjutkan dgn shalat Dhuha, zikir pagi, Tadarus Al Quran, Taushiyah dan shalat Zuhur berjamaah.

photo_2019-05-15_21-46-07

 NGAOS dilakukan untuk menumbuhkan semangat siswa agar selalu bersama Al-Qur’an  bahkan dalam penggunaan fasilitas publik seperti bus Trans Kutaraja.  Diharapkan dapat menjadi contoh teladan kepada generasi muda bahwa Al-Qur’an  pedoman hidup ummat Islam wajib dibaca dan diamalkan setiap saat. Kesan antusias dan keseriusan yang didapatkan dari siswa selama NGAOS, “sangat menyenangkan” kata siswa.

NGAOS DI Transkutaraja - Copy - Copy

Penyelenggaran kegiatan pihak sekolah bekerjasama dengan 3 Lembaga yaitu : Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri, Sahabat Wanita dan Anak (SWA ) fokus dibidang kegiatan sosial dan pembinaan perempuan / ibu/ anak dan remaja seta lembaga Dakwah Kampus Fosma Unsyiah. Ketiga lembaga ini kerap membantu SMA Laboratorium Unsyiah dalam mendidik dan mengembangkan karakter siswa berbasis Islami bahkan momen diluar bulan Ramadhan sekalipun.

Menyahuti anjuran dari Dinas Pendidikan Provinsi Aceh untuk mengadakan kegiatan di bulan Ramadhan.  Serangkaian kegiatan Gema Ramadhan dilakukan disekolah seperti shalat Dhuha, tahsin Al-Qur’an, training motivasi, dan belajar lebih dalam tentang fiqih cara berwudhu, bertayamum ,serta pembagian takjil berbuka dilakukan dilingkungan luar sekolah.  Kepala sekolah Dr. Nasir Usman, M.Pd sangat mendukungkegiatan ini , dalam kata sambutannya menyatakan “Sebelumnya pelaksanaan kegiatan Gema Ramadhan tidak hanya melibatkan guru kita saja sebagai pemateri dan pembimbing. Sejak tahun ini  sekolah juga bekerjasama dengan  mahasiswa dari LDK Fosma Unsyiah maupun alumni, Nurul Fikri dan SWA untuk membantu dan membimbing siswa, diharapkan tidak terjadi kebosanan dan kejenuhan. Semoga melalui kegiatan ini dapat mengisi waktu dengan ibadah selama menjalankan puasa dan Allah SWT melimpahkan rahmat dan berkah kepada kita semua”. Amin.  

              Ibu Dr. Essy Harnelly, M,Si sebagai wakil kepala sekolah merangkap Wakil Manajemen Mutu Sekolah selalu memantau keberlangsungan kegiatan agar memperoleh hasil maksimal.  Bapak Rahmat Nazli, S.Pd.I sebagai ketua panita dan pembina rohis SMA Labschool Unsyiah sangat berharap siswa mendapat tambahan wawasan dan ilmu baru, serta pemahaman ayat Al-Qur’an yang dimplementasi dalam kehidupan sehari-hari, dengan media dakwah ini meruoakan sarana untuk mengajarkan pemahaman anak-anak kami tentang islam,” tambahnya, serta membawa dampak positif terhadap siswa sehingga Ramadhan menjadi momentum meraih taqwa dan menjadi ciri pelajar yang cerdas, unggul dan berkarakter Qur’ani.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *