Ubuntu, Sistem Operasi Kedua Labschool

Desktop2

Ubuntu merupakan sistem operasi yang berlisensi Open Source dan sangat familiar di kalangan siswa-siswi SMA Labschool Unsyiah. Ubuntu merupakan sistem operasi kedua setelah sistem operasi Windows di SMA Labschool karena beberapa alasan yakni

pertama, Ubuntu mudah didapatkan kedua, Ubuntu tidak terlalu susah dalam penggunaanya dan terakhir, Ubuntu tidak memakan biaya yang besar dalam hal software-nya. SMA Labschool dalam hal ini mendukung sistem operasi Open Source untuk pendidikan.

Selama Ubuntu berada di SMA Labschool , ada beberapa tanggapan dari siswa tentang ubuntu. T.Raja Ahmad Alfaruqi merupakan salah satu siswa yang memakai Ubuntu. Alasan dia memakai Ubuntu karena Ubuntu ringan, berlisensi Open Source, tampilannya elegan, keaamanan yang kuat, hampir tidak ada virus dan mudah untuk diutak atik. Berdasarkan pengalaman yang ada , Ubuntu membuat siswa lebih mandiri dalam menggunakan komputer. Siswa dituntut untuk lebih peduli dengan keamanan komputer yang dimilikinya karena Ubuntu selalu membutuhkan hak akses untuk setiap aktivitas seperti menginstall aplikasi, dan lain sebagainya.

Berikut adalah hasil screen shoot dari ubuntu 12.04 milik T.Raja Ahmad Alfaruqi.  Tampilan yang elegan dan membuat mata segar adalah alasan dari pemilik ubuntu ini mengapa sang pemilik merubah tampilan umum ubuntu menjadi tampilan fedora yang juga merupakan sistem operasi distro linux.

Tampilan terminal (command line) yang elegan dan aplikasi chromium browser
Tampilan terminal (command line) yang elegan dan aplikasi chromium browser
Tampilan kalender ketika di klik
Tampilan kalender ketika di klik

 

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *