Fasilitas E-learning di SMA Labschool

Print Screen E-learning Labschool

Jaman sudah semakin berkembang, tidak hanya di bidang-bidang hiburan tapi juga bidang pendidikan. Salah satu contoh dari kemajuan teknologi di bidang pendidikan adalah adanya e-learning di beberapa sekolah, termasuk SMA Laboratorium Unsyiah. SMA ini menggunakan e-learning yang beralamatkan di http://e.labschoolunsyiah.sch.id dan dapat di akses bahkan saat tidak berada di area sekolah.

SMA Laboratorium Unsyiah atau sering di singkat Labschool ini sejak dulu sudah menggunakan fasilitas e-learning dalam proses belajar dan mengajar. E-learning atau yang berarti electronic learning merupakan fasilitas yang memungkinkan proses belajar-mengajar menjadi lebih mudah dan praktis. Siswa dapat belajar sendiri di luar jam sekolah tanpa perlu duduk bertatap muka dengan seorang guru. Ia cukup membuka e-learning dan belajar dari sana.

Apa saja yang dapat di lakukan di e-learning SMA Labschool? Nah, untuk mengetahui hal tersebut saya pun segera membuka halaman e-learning yang dimaksud.

Sebelumnya siswa di haruskan untuk mendaftar sebagai pengguna di e-learning ini, setelah mendaftar maka siswa pun siap untuk menjelajahi fasilitas e-learning tersebut.

Pada halaman awal, kita dapat menemukan berbagai mata pelajaran yang tersedia di e-learning. Kita juga bisa memilih untuk membuka pelajaran dari kelas berapa saja yang kita inginkan. Selain mata pelajaran yang tersedia, juga terdapat bagian berita yang di tuliskan oleh admin e-learning tersebut. Berita tersebut berisi beberapa pengumuman dan pemberitahuan untuk siswa maupun guru SMA Labschool Unsyiah. Di sisi kanan kita bisa menemukan adanya tempat login, kalender, jam, main menu, navigasi, dan online user (pengguna yang sedang aktif). Kita juga dapat memilih menggunakan bahasa apa untuk mengakses e-learning ini.

Untuk mengakses lebih lanjut, kita perlu login dengan memasukan username dan password yang sudah didaftarkan. Kemudian memilih kelas sesuai dengan kelas kita saat ini. Misalnya kelas XII IPA, lalu barulah memilih pelajaran yang akan kita pelajari materinya.

Di e-learning SMA Labschool ini, kita tidak hanya belajar dari e-learning langsung, tapi juga bisa mendownload materi-materi yang tersedia. Selain itu juga dapat dijadikan salah satu cara untuk mengumpulkan tugas. Selain hemat waktu, dengan mengumpulkan tugas secara online seperti ini juga dapat menghemat penggunaan kertas sehingga dapat mengurangi global warming.

Selain untuk membaca materi, mendownload, dan mengupload tugas kita juga bisa menggunakan e-learning tersebut sebagai sarana berkirim pesan kepada sesama pengguna. Selain itu juga tersedia fasilitas chatting, sehingga para pengguna yang sedang aktif dapat saling bertegur sapa maupun berdiskusi.

Kehadiran e-learning dalam dunia pendidikan memang sangatlah membantu proses belajar mengajar, kita semua berharap dengan adanya fasilitas e-learning tersebut maka siswa dan siswi juga dapat semakin aktif untuk belajar sehingga bangsa ini dapat lebih baik.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *