Belajar Sambil Berwirausaha (Kantin OSIS)

Ada yang berbeda pada tatanan kepengurusan bidang OSIS Labschool tahun ini. Penambahan tiga bidang baru yaitu Bela Negara, Mading, dan OSIS Wirausaha menggoreskan corak tersendiri bagi Labschool. Selain menggenapkan bidang menjadi 10, juga memperluas pengaruh OSIS di internal sekolah

Berbicara mengenai bidang Wirausaha, akan langsung mengingatkan kita pada Kantin OSIS. Ya, kantin yang dikelola langsung oleh para anggota OSIS bidang Wirausaha ini acapkali dikenal dengan sebutan Kantin OSIS. Meskipun tidak didirikan langsung oleh OSIS periode 2012/2013, namun Kantin OSIS masih terus exist dan dibuka setiap hari Sabtu mulai pukul 10.00 hingga pukul 13.00 WIB.

Mengenai modal awal, Aulia Damayanti Wibowo atau akrab disapa ‘Yabo’ mengungkapkan bahwasanya modal didapatkan dari patungan seluruh anggota OSIS Wirausaha senilai Rp. 200.000,- . Yabo yang menjabat sebagai wakil ketua bidang Wirausaha juga berkata, dalam dua kali buka, kantin OSIS sudah merauo untung sebesar Rp. 500.000,- . Benar-benar pencapaian yang patut diacungi jempol.

Sejauh ini, yang dijual di Kantin OSIS adalah ragam minuman dan kue basah seperti risol dan donat. Ada pula harapan untuk menjual pernak-pernik khas Labschool layaknya pin maupun stiker. Yang direncanakan bakal ditampilkan bertepatan dengan EXPO Labschool 2012 dalam waktu dekat ini. Namun semuanya masih dibicarakan.

Banyak manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan Kantin OSIS ini. Secara tekns, keuntungan yang didapat bisa menambah pendapatan bagi kas OSIS. Sedangkan bagi anggota-anggota Wirausaha, mereka dapat memperoleh manfaat dari pengalaman mereka selama mengelola Kantin ini. Pengalaman Entrepreneurship (Wirausaha) diyakini dapat menjadi sangat berharga bagi kehidupan mereka di masa depan.

Meskipun ini adalah bidang yang tergolong sangat baru. Namun tak sedikitpun menyurutkan semangat mereka yang demikian membara. Tak lupa mereka juga mengusahakan suatu seminar diakhir masa jabatan, yang diperuntukkan bagi siswa-siswi Labschool, tujuannya adalah untuk sharing pengalaman dan kesan-kesan mereka selama masa kepengurusan. Belajar sambil Berwirausaha, sejujurnya adalah suatu paduan yang amat sangat mengagumkan.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *